Menatap Pra PON 2023, PBSI Sumbar Fokus Siapkan Kondisi Atlet

Ketua Umum Pengprov PBSI Sumbar, Alfiadi

HARIANHALUAN.ID – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Sumbar, mulai menyiapkan sejumlah atlet bulutangkis unggulan Sumbar yang akan diturunkan pada kejuaraan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 mendatang.

Ketua Umum PBSI Sumbar, Alfiadi mengatakan, sebanyak 14 atlet bulutangkis utama dan enam atlet cadangan, beberapa waktu lalu telah mengikuti pemusatan kegiatan latihan atau Training Camp (TC).

“Sebanyak 16 atlet dan enam orang cadangan itu berasal dari Pengkab/Pengkot PBSI Padang, Bukittinggi, Solok, Payakumbuh, Lima Puluh Kota dan Pasaman,” ujarnya kepada Haluan, Rabu (19/7/2023).

Alfiadi yang kini diamanahkan sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang ini menerangkan,  para atlet bulutangkis Sumbar hingga kini masih terus berlatih secara mandiri di klub masing-masing.

Pemusatan latihan atau TC atlet, terancam tidak sempurna lantaran tidak adanya dukungan dana pembinaan dari pemerintah daerah, serta Komite Olahraga Nasional (KONI) Sumbar.

“Karena belum ada bantuan pembiayaan dari pemda, provinsi atau KONI Sumbar, sejak tahapan seleksi sampai penetapan tim, pengurus berupaya untuk TC jangka pendek saja,” ucapnya.

Guna mengakali kondisi itu, sebut Alfiadi, pengurus PBSI bahkan telah mencoba mengajukan proposal permintaan bantuan dana pembinaan kepada sejumlah pihak.

“Pengurus masih berupaya untuk mengakali keterbatasan anggaran pembinaan ini. Semoga upaya kita untuk mencari bantuan dana sponshorsip bisa membuahkan hasil, sehingga persiapan atlet tidak terganggu,” ujarnya.

Alfiadi menambahkan, dengan segala persiapan yang telah dilakukan dirinya optimis kontingen bulutangkis Sumbar bisa meraih prestasi maksimal pada ajang Pra PON 2023 mendatang.

“Semoga prestasi yang kita cita-citakan bisa terwujud, sehingga kita bisa memberikan kebanggan bagi masyarakat Sumatra Barat,” tuturnya. (*)

Exit mobile version