Pengprov PBSI Sumbar Siapkan Pemusatan Latihan bagi Atlet Jelang PON 2024

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumbar mempersiapkan pemusatan latihan atau TC (Training Center) pada Februari menghadapi PON 2024 Aceh-Sumatra Utara. PBSI berhasil meloloskan tujuh atlet saat pra PON di Jawa Barat, Bandung.

“Kita akan jadwalkan pemusatan latihan di pertengahan Februari sambil melengkapi perlengkapan peralatan untuk latihan, seperti kok dan yang lainnya,” ujar Ketua Umum PBSI Sumbar, Alfiadi, Selasa (9/1/2023).

Alfiadi mengatakan, sebelum melaksanakan pemusatan latihan, saat ini atlet tetap rutin menjalankan program latihan di daerah masing-masing. Program latihan tersebut untuk menjaga kondisi fisik atlet.

“Kita harus memanfaatkan setiap waktu yang ada untuk persiapan menuju PON 2024 mendatang,” ujarnya.

Selain melaksanakan pemusatan latihan, Pengprov PBSI Sumbar akan melakukan pertandingan uji coba keluar daerah. Uji coba ini bertujuan untuk mengukur dan menilai kemampuan atlet, serta menambah pengalaman bertanding demi mematangkan kesiapan atlet jelang PON 2024 Aceh-Sumatra Utara.

“Uji coba keluar daerah juga menjadi program yang telah direncanakan terutama ke daerah Jawa, karena atlet di sana sangat bagus. Namun, itu semua tergantung kondisi anggaran yang kita miliki,” ujarnya.

Alfiadi bangga atas prestasi yang diraih atlet pada pra PON pada Agustus tahun lalu. Pasalnya, cabor bulutangkis sudah puluhan tahun tidak terlibat ajang PON. Untuk nomor pertandingan perorangan PBSI Sumbar sudah delapan tahun tidak tampil di arena PON, sedangkan nomor pertandingan beregu semenjak tahun 1996 silam.

“Tentu sangat bangga, kita sudah bisa full team berkontribusi untuk PON 2024 mendatang. Artinya, pembinaan kita berjalan dan berusaha dengan maksimal agar atlet kita bisa bersaing di tingkat nasional,” tuturnya. (*)

Exit mobile version