Hadapi Sriwijaya, Semen Padang Wajib Menang demi Jaga Peluang

Pelatih Kepala Semen Padang FC, Hendri Susilo, memberikan arahan pada anak asuhnya menjelang laga lanjutan Liga 2 fase grup menghadapi Sriwijaya FC. IST/IG SPFC

PEKANBARU, HALUAN – Semen Padang FC wajib meraih kemenangan saat menghadapi Sriwijaya FC dalam lanjutan penyisihan fase grup Liga 2 di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Rabu malam (10/11). Raihan tiga poin berpengaruh bagi si Kabau Sirah untuk tetap menjaga peluang melaju ke fase berikutnya.

Laga ini merupakan pertemuan kedua antara Semen Padang dan Sriwijaya musim ini. Pada pertandingan pertama, Sriwijaya berhasil mengalahkan Semen Padang dengan skor tipis 2-1 pada putaran pertama babak grup. Dua gol Laskar Wong Kito saat itu dicetak Afriansyah dan Dedi Hartono, sedangkan gol tunggal Semen Padang dicetak Serdy Ephyfano.

Sriwijaya FC sejak awal kompetisi digelar memang belum pernah terkalahkan. Dari lima pertandingan yang telah dijalani, anak asuh Nil Maizar meraih empat kali kemenangan dan satu kali imbang. Hasil itu membawa Sriwijaya bertengger di puncak klasemen sementara dengan perolehan 16 poin.

Ada pun Semen Padang, belum menunjukkan penampilan yang konsisten hingga saat ini. Dari lima laga Kabau Sirah yang telah dijalani, baru meraih satu kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kekalahan. Kabau Sirah pun kini berada di posisi empat klasemen sementara dengan perolehan 6 poin.

Meski demikian, Pelatih Semen Padang FC, Hendri Susilo, meyakini anak asuhnya akan menujukkan permaian terbaik dalam laga ini. Terutama sekali dalam mengoptimalkan peluang dengan sebaik-baiknya untuk meraih 3 poin, sehingga peluang lolos ke babak berikutnya tetap terbuka.

“Kami akan tetap fokus pada permainan tim kami sendiri, karena permainan nanti akan ditentukan oleh pemain sendiri. Jadi, upaya kami hanyalah memaksimalkan peluang ini dan meningkatkan kinerja pemian, agar bisa menang sesuai yang kami harapkan,” ujar Hendri Susilo dalam konfrensi pers virtual, Selasa (9/11).

Hendri juga mengakui telah menyiapkan rencana untuk menyiasati akumulasi kartu merah yang didapatkan oleh pemainnya Vivi Asrizal, dengan menyiapkan opsi-opsi pilihan untuk mengisi posisi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, pemain Semen Padang FC, Tri Rahmad Priadi, juga mengatakan bahwa ia bersama rekan-rekannya dalam keadaan siap untuk menghadapi Sriwijaya FC. Bahkan, si Kabau Sirah sangat berambisi dapat memenangkan laga.

“Ya, kami tidak ada beban. Kami sangat optimis bisa meraih kemenangan. Kami akan menjaga motivasi permainan dan akan tetap bermain tenang, agar pola permainan kami terjaga dengan baik. Yang jelas, sebagai semangat bagi kami, hanyalah doa dan dukungan dari masyarakat Sumbar, agar disertai kemenangan nantinya,” ujar Tri Rahmad Priadi.

Di sisi lain, Sriwijaya FC yang dinaungi oleh Nil Maizar, juga telah siap siaga untuk melawan Semen Padang FC. Menurut Nil Maizar, beda pelatih tentu akan beda pula cara dan strateginya. Akan tetapi, dirinya telah mempersiapkan itu dengan baik, mulai dari mengamati pola permainan Semen Padang di bawah kepelatihan Hendri Susilo.

“Saya sudah menyaksikan pertandingan Semen Padang di bawah asuhan Hendri Susilo, saat melawan Pekanbaru kemarin. Saya pun sudah memantau bagaimana pergerakan Semen Padang, termasuk perekrutan pemainnya. Kemudian, saya juga mempelajari pola menyerang dan bertahannya. Jadi, tentu kami sangat siap dan akan punya strategi khusus untuk melawan Semen Padang,” ujar Nil Maizar, dikutip dari Sriwijayafc.

Terlepas dari itu, mengingat duel Semen Padang FC menghadapi Sriwijaya FC, maka bagi Hendri Susilo dan tim, laga ini adalah laga yang wajib dimenang oleh Tri Rahmadi Priadi dan kawan-kawan. Hendri Susilo yang pernah menjadi asisten pelatih Sriwijaya itu pun sangat yakin, bahwa pemainnya akan memberikan kemampuan terbaik, demi merebut 3 poin dan menjaga asa peluang lolos bagi Semen Padang FC.

Hanya saja, yang dikhawatirkan Hendri Susilo adalah Nil Maizar, yang juga pernah menjadi pelatih Semen Padang. Sehingga, tentu sedikit banyaknya Nil Maizar mengerti tentang karakter pemain yang masih bertahan di Semen Padang, seperti Rudi Doang, Vendry Mofu, dan yang lainnya.

“Yang terpenting kita juga sudah memiliki catatan penting untuk Sriwajaya ini. Dan sepenuhnya, untuk pertandingan nanti, saya sudah menyerahkan dan sangat berharap kepada pemain. Pemain kami juga sudah siap secara mental dan fisik, untuk bisa memenangkan pertandingan yang menentukan ini,” ujar Hendri Susilo. (h/mg-jum)

Exit mobile version