Asosiasi Futsal Sawahlunto Bakal Gelar Liga Futsal U-19, Pengurus Buka Peluang Sponsorship

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.ID- Asosiasi Futsal Kota (Afkot) Sawahlunto bakal menggelar Liga Futsal Afkot U-19 antar klub se Kota Sawahlunto guna menjaring atlet futsal berbakat untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat 2025 mendatang.

Selain itu, kata Ketua Afkot Sawahlunto Martha D. Ittano liga Afkot itu juga sekaligus menjadi Training Center bagi 7 klub yang terdaftar di Afkot untuk meningkatkan kemampuan agar bisa mengikuti liga – liga kelas atas di Indonesia.

“Saat ini pengurus tengah membuka peluang bagi donatur yang bersedia menjadi sponsorship. Kami akan beraudiensi dengan Kapolres Sawahlunto. Jika beliau setuju maka akan kami namakan Liga Futsal Kapolres Sawahlunto,” katanya, Sabtu (02/03/2024).

Jika berjalan sesuai rencana yang kita siapkan, Liga Afkot akan dimulai setelah lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Liga akan diikuti oleh 7 klub dengan sistem full kompetisi dimana semua tim saling bertemu.

“Tujuh klub itu adalah Silo RGR, Mosas Futsal, Orang Tua FC, Coal Meaning Sawahlunto, Deaifa FC, Akademi Monev Nusantara dan Kamtel. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi klub futsal yang tidak tergabung di Afkot. Namun klub tersebut wajib memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Lebih lanjut Martha menjelaskan, batas tahun kelahiran pemain adalah tahun 2005 atau maksimal 19 tahun. Setiap tim diperbolehkan memasukan 2 pemain kelahiran 2003 dalam skuad, tetapi hanya boleh memainkan 1 pemain dalam pertandingan.

“Mudah-mudahan dengan adanya Liga Afkot tersebut, Futsal Sawahlunto dapat berbuat banyak di kancah daerah dan nasional. Ini lantaran banyak liga di Indonesia yang diikuti oleh pemain kelahiran 2005,” harapnya. (*)

Exit mobile version