Wahyuda Aldi dan Sarah Kamilah Alfadli Terpilih, Khairunas: Diharapkan Uda Uni Jadi Teladan

Duta wisata

Foto bersama setelah terpilihnya Wahyuda Aldi dan Sarah Kamilah Alfadli sebagai Uda Uni Wisata Solok Selatan 2022, pada Sabtu (24/9/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Solok Selatan diharapkan jangan hanya sebatas perhelatan seremonial saja. Namun, adanya pemilihan uda uni wisata ini setelahnya harus mampu menunjukkan tindak tanduknya dalam pengembangan tugas dan amanahnya terhadap wisata dan budaya Solok Selatan.

Hal itulah yang ditegaskan langsung Bupati Solok Selatan, Khairunas pada penyelenggaraan Grand Final Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022 di Aula Sarantau Sasurambi, Solok Selatan, Sabtu (24/9/2022).

Ia mengatakan, sesuai peranannya duta wisata untuk setahun ke depan harus mampu menjalankan tugasnya secara baik terhadap pengembangan wisata dan budaya melalui ajang promosi yang jelas. Sehingga perannya pun akan turut mampu menggerakkan masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi terhadap pengembangan wisata dan budaya.

“Pemilihan uda uni duta wisata ini jangan hanya sebatas seremonial semata. Uda uni yang terpilih nantinya harus mampu menjadi contoh teladan bagi generasi muda lainnya melalui implementasi yang konkret. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif dan tularkan kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda juga menyampaikan agar uda uni wisata yang terpilih harus mampu memberikan peran dan sumbangsihnya kepada daerah dan masyarakat.

“Uda uni ini menjadi contoh bagi generasi muda lainnya. Jangan pernah berpikir pragmatis, cobalah untuk berpikir positif dan membangun, karena hal itulah yang diperlukan untuk memajukan Kabupaten Solok Selatan,” katanya.

Kemudian Zigo Rolanda juga mengharapkan kepada uda uni wisata yang terpilih, agar mampu menghadirkan kegiatan-kegiatan yang membangun, sehingga iven-iven yang dihadirkan produktif dan memiliki manfaat bagi masyarakat lainnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Solok Selatan, Erniati Khairunas juga mengatakan, bahwa pemilihan Uda Uni Wisata Solok Selatan akan menjadi pendorong penting terhadap pengembangan destinasi wisata dan peningkatan nilai-nilai budaya.

“Uda uni yang terpilih telah melalui berbagai tahapan. Untuk itu, jangan lalai dalam menyukseskan visi dan misi pemerintah daerah di bidang kepariwisataan ini nantinya. Makanya Uda Uni Duta Wisata Solok Selatan ini harus menjalankan perannya dengan baik, guna mendorong pembangunan Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera, khususnya bagi pengembangan wisata dan budaya,” katanya mengharapkan.

Perhelatan Grand Final Uda Uni Wisata Solok Selatan berjalan dengan meriah melalui berbagai agenda kegiatan. Adapun yang terpilih menjadi Uda Uni Duta Wisata Solok Selatan Tahun 2022 adalah Wahyuda Aldi dan Sarah Kamilah Alfadli. (*)

Exit mobile version