Dekranasda Agam Dorong Peran Uda Uni Lebih Aktif Promosikan Wisata

Dekranasda Agam

Bupati Agam saat memberikan hadiah kepada uda dan uni dalam acara grand final, pada Senin (17/10/2022) malam. IST

HARIANHALUAN.ID – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Agam mendorong agar uda dan uni berperan aktif mempromosikan potensi wisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu. 

“Peran uda dan uni sangat penting untuk kemajuan wisata, mari bantu pemerintah dan menggelorakan semangat ayo ke Agam,” ucap Ketua Dekranasda Agam, Yenni Andri Warman saat Grand Final Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Agam 2022 di Lubuk Basung, pada Senin (17/10/2022) malam.

Lanjut Yenni Andri Warman, sebab generasi muda harus menjadi ujung tombak dalam sektor kepariwisataan di Agam, karena generasi muda merupakan kelompok yang kreatif dan melek media sosial.

“Maka melalui kemampuan itu, saya mendorong uda dan uni untuk mempromosikan wisata, agar para wisatawan tertarik berkunjung ke Agam, sehingga jumlah kunjungan meningkat,” katanya. 

Yenni Andri Warman mengatakan, saat ini dunia kepariwisataan sudah menjadi komoditi strategis, karena pariwisata memiliki efek domino terhadap peningkatan perekonomian dan ekonomi kreatif.

Untuk itu, Yenni ingin ajang ini sebagai aktualisasi diri dan Agam, memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner hingga minat khusus. “Kami titipkan dunia pariwisata, semoga uda dan uni dapat memajukan sektor wisata dan pelaku ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria mengatakan, Arif Maulana asal Kecamatan Tilatang Kamang dan Aulia Rahmi asal Kecamatan Kamang Magek, terpilih sebagai Uda dan Uni Duta Wisata Agam 2022.

“Keduanya terpilih setelah berhasil mengungguli sembilan pasang peserta lainnya dalam grand final tingkat Agam di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung pada Senin (17/10/2022) malam,” katanya. 

Proses penjurian uda uni tahun ini berlangsung sangat fair. Pihaknya mendatangkan empat juri profesional dibidangnya. Juri pengetahuan umum yakni Susilo Abadi Piliang, Juri Bahasa Inggris dan Public Speaking, Uni Indah Permata. Lalu, Juri Etika dan Kepribadian, Uda Yoci, Juri Bidang Agama dan Adat, Dt Asa Labiah.

“Setelah melewati proses cukup alot dengan berbagai seleksi, maka berdasarkan keputusan dewan juri Arif Maulana dan Aulia Rahmi berhak menyandang gelar uda dan uni Agam 2022,” ucapnya. 

Syatria mengakui, rangkaian acara yang sudah dimulai sejak 9 Oktober 2022 diikuti sebanyak 44 peserta, dengan rincian 11 peserta uda dan 33 peserta uni.

Namun yang masuk grand final hanya 10 pasang. Mereka yang terpilih akan mewakili Agam di ajang pemilihan uda dan uni tingkat Sumbar. (*)

Exit mobile version