Empat Iven Wisata Sumbar Masuk Daftar KEN 2023, Target VBWS Makin Realistis

KEN 2023

Rombongan Pemprov Sumbar dan kabupaten kota saat menghadiri penganugerahan KEN 2023 di Plaza Keong Mas TMII Jakarta, Sabtu (28/1/2023). IST

HARIANHALUAN.ID – Empat agenda wisata Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023, yang digelar di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Keempat agenda wisata tersebut adalah Festival Pesona Minangkabau dari Kabupaten Tanah Datar, Sawahlunto Internasional Songket Carnival (SISCA) dari Kota Sawahlunto, Festival Rang Solok Baralek Gadang dari Kota Solok, serta Botuang Festival dari Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda melalui Kabid Pemasaran Asril mengatakan, kurator KEN Festival tahun ini dilakukan oleh Kemenparekraf. Penilaian meliputi kriteria keunikan, berkelanjutan serta potensi untuk menjadi sektor unggulan wisata di daerah.

“Pada KEN tahun 2021, Sumbar hanya masuk dua iven, lalu pada tahun 2022 ada tiga iven yang masuk dari Sumbar. Alhamdulillah, di tahun ini kita ada empat iven wisata Sumbar  yang masuk KEN,” ujarnya kepada Haluan, Minggu (29/1/2023).

Asril mengungkapkan, keempat iven tersebut terpilih dari 380 iven yang diajukan oleh 38 provinsi. Empat ivent pariwisata Sumbar tersebut, terpilih sebagai 110 iven terbaik secara nasional.

Ia menyebut, pada tahun ini Kemenparekraf telah menetapkan 110 karisma iven nusantara, 65 iven sport, musik dan kreatif dari 38 provinsi di Indonesia. Ia pun menyampaikan rasa syukurnya atas masuknya empat ivent wisata dari Ranah Minang ke dalam daftar tersebut.

“Alhamdulillah, Festival Pesona Minangkabau Tanah Datar, SISCA Sawahlunto, Festival Rang Solok Baralek Gadang, serta Botuang Festival masuk ke dalam nominasi KEN pada tahun ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Festival Pesona Minangkabau bakal digelar pada tanggal 9 hingga 12 November 2023 mendatang di Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian iven SISCA dari Kota Sawahlunto, direncanakan akan digelar pada tanggal 9 hingga September 2023 mendatang. “Lalu Festival Rang Solok Baralek Gadang dari Kota Solok, akan digelar di tanggal 23 September nanti, sedangkan Botuang Festival dari Kota Payakumbuah, bakal digelar di Juli 2023,” ucapnya.

Ia menambahkan, masuknya keempat iven tersebut ke dalam KEN 2023, akan semakin menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar di sepanjang tahun 2023.

“Dengan masuknya empat iven ini ke dalam KEN, kita semakin optimis bahwa target untuk mendatangkan 8,2 juta wisatawan ke Sumbar dalam Visit Beautiful West Sumatra 2023 akan tercapai,” tuturnya.

Turut hadir langsung dalam kesempatan itu, di antaranya Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang diwakili Asisten 2 Bidang Perekonomian Wardarusmen, Kadispar Sumbar, Luhur Budianda, Kabid Pemasaran Dispar Sumbar, Asril, PJ Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, serta Kadispar Kabupaten Tanah Datar dan Sawahlunto. (*)

Exit mobile version