Tingkatkan Citra Pariwisata, BPPD Sumbar Dikukuhkan

Pelantikan Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatra Barat (BPPD Sumbar) di Aula Gubernuran Sumbar, Sabtu (26/3/2022). DARWINA

HALUANNEWS, PADANG – Setelah dilantiknya Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatra Barat (BPPD Sumbar), diharapkan dapat meningkatkan citra pariwisata dan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Pada kegiatan itu, Sari Lenggogeni resmi dilantik menjadi Ketua BPPD Sumbar, yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Sabtu (26/3/2022).

Sari Lenggogeni menyampaikan, untuk melakukan meningkatkan citra pariwisata harus ada program pemasaran pariwisata secara terintegrasi. Menurutnya, promosi pariwisata akan membantu memperkenalkan wisata di Sumbar lebih luas.

Kemudian mengubah perilaku semua pihak yang bersentuhan dengan sektor pariwisata dan menjadikan Sumbar sebagai pusat atraksi wisata wilayah barat Indonesia, serta meningkatkan kunjungan wisata dari mancanegara.

“Kita akan melakukan kolaborasi, inovasi dan digitalisasi, serta memberdayakan pokdarwis dan desa wisata bersama semua asosiasi dan stakeholder pariwisata, seperti perbankan dan media,” katanya.

Sementara itu, ia juga mengapresiasi perbankan yang mendukung iven pemberdayaan desa wisata dan iven Visit Beautiful West Sumatera. Program lain yang akan dicanangkan, yaitu membuat Minangkabau Adventure Pasport, yakni stempel setelah wisata di destinasi wisata di Sumbar. 

“Setelah ini, kita meminta kepada pak menteri untuk menarik satu iven internasional ke Sumbar. Ini salah satu cara untuk mengembangkan dan memperkenalkan Sumbar ke mancanegara,” katanya.

Menjawab permintaan tersebut, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa akan mencanangkan iven World Islamic Trade Forum agar dihelat di Sumbar. Iven ini merupakan sebuah iven internasional yang akan menumbuhkan perdagangan investasi dan ekonomi, serta mempererat ukhuwah dan kesatuan.

“Saya sudah bicara dengan pak gubernur, kita akan mengadakan Iven Internasional World Islamic Trade Forum di Sumbar. Iven ini pernah diadakan di Jakarta Tahun 2020,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yakin Sari Lenggogeni bisa membuat pariwisata Sumbar makin cemerlang dan desa wisata makin gemilang.

“Kami menaruh harapan agar BPPD bisa meningkatkan citra pariwisata Sumbar, sehingga menjadi tujuan wisata nasional dan mancanegara. Bisa menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera, memperkuat pokdarwis dan nagari wisata yang sudah mencapai 300 lebih di Sumbar,” tuturnya. (h/dar)

Exit mobile version