LIPUTAN EKSKLUSIF: Ini Kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Bangkitkan Pariwisata

Gubernur Sumbar

Gubernur Sumbar Mahyeldi

Apa upaya pemprov membangkitkan pariwisata Sumbar?

Saya meyakini pariwisata Sumbar bisa maju dan pulih dari keterpurukan pandemi Covid-19 yang sudah merebak selama dua tahun terakhir. Untuk menggenjot pariwisata, perlu kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemeritah daerah, provinsi, ataupun pemerintah pusat. Pandemi menurunkan jumlah wisatawan ke Indonesia hingga seperempat dari tahun sebelumnya, termasuk Sumbar.

Keterbatasan dana kerap jadi alasan klasik dalam memajukan pariwisata Sumbar. Apa upaya alternatif mengatasi soal ini?

Kerja sama dengan berbagai pihak akan membantu persoalan kita ini. Maka dari itu kolaborasi kita gerakkan. Salah satunya kerja sama pemprov dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumbar dengan menca­nangkan kunjungan wisata Sumbar 2023. Ini merupakan upaya konkrit mewujudkan visi misi meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan. Sasarannya yaitu meningkatnya kontribusi ekraf dalam perekonomian Sumbar. 

Bagaimana sinkronisasi program pemprov dengan kabupaten/kota serta pemerintah pusat untuk memajukan pariwisata ?

Pemerintah pusat terus mengupayakan perbaikan dalam sektor pariwisata hingga tiga fase penyelamatan. Di antaranya fase  tanggap darurat, pemulihan hingga normalisasi. Pemprov Sumbar sudah mengadopsi ini, selama fase tanggap darurat Pemprov Sumbar turut menyukseskan program perlindungan sosial. Baik dengan mengawal program dari pemerintah pusat, baik menginisiasi program serupa dengan optimalisasi refocusing dana APBD provinsi.

Tahun 2021, fase pemulihan dengan mulai dibuka secara bertahap tempat wisata dan dimulai kegiatan MICE dengan prokes CHSE. Tahun 2022, Pemprov Sumbar berusaha untuk fase normalisasi, salah satunya dengan Visit Beautiful West Sumatra 2023.

Maka dari itu harus ada kolaborasi dan sinergi, karena kita akan melahirkan paket pariwisata yang menggabungkan beberapa daerah di Sumbar. Sehingga daerah akan mendapat manfaat, hal-hal yang menjadi kendala hingga sarana prasarana yang mungkin harus diperbaiki akan mulai kita optimalkan.

Apa harapan Buya terhadap entitas pariwisata Sumbar? termasuk masyarakat?

Sumbar bisa menjadi destinasi wisata pilihan bagi masyarakat domestik. Kita punya budaya yang mendunia dan alam yang sangat indah. Kita sudah punya nilai tersendiri untuk menggenjot pariwisata ini. (*)

Exit mobile version