Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan TVC Promosi Pariwisata Sumbar

Resmikan TVC

Menteri Sandiaga Uno meresmikan TVC Pariwisata Sumbar di Padang, Jumat (31/3/2023). Fardianto

HARIANHALUAN.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Television Commercial (TVC) Promosi Pariwisata Sumbar tentang storynomic Budaya Minangkabau di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jumat (31/3/2023).

TVC ini merupakan garapan Tim Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) bersama Wardah, PT Paragon Technology and Innovation (Paragons Corp) terkait campaign perancangan dan pembuatan video promosi wisata Sumbar.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengucapkan apresiasi dan inilah bentuk kolaborasi yang diinginkan untuk kepala dinas sebagai pimpinan di daerah, bentuknya adalah kolaborasi.

“Kita melihat keterbatasan pemerintah, tapi dengan bentuk kolaborasi dan rajut bersama, dan kali ini dengan Paragons Corp. Ini keren sekali apalagi tagline tambuah ciek,” katanya.

Menurutnya, tambuah ciek ini bukan hanya tambah makanan, tapi juga membeli produk ekonomi kreatif dan lama tinggal di Sumbar dan lainnya. Program berwisata di Indonesia ditargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Bulan Ramadan akan memasuki pemicu utama dari tercapainya 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara ini.

“Jadi, sama kita ketahui realisasi 2021 dan 2022 total pergerakan itu masih tahun pandemi. Tapi tahun ini 1,4 miliar, di Sumbar akhir Ramadan semua pasti kembali ke kampung halaman masing-masing,” katanya.

Untuk itu, mari gunakan desa-desa wisata, sehingga bisa melakukan pergerakan bukan hanya di satu tempat saja, tetapi juga bergerak untuk bisa memenuhi aspek. Jika mereka bergerak, mereka menggeliat ekonomi dan akhirnya membuka peluang usaha dan target terciptanya 4,4 juta lapangan pekerjaan bisa tercapai.

“Saya ingatkan 3G, yaitu gercap dari BPPD Sumbar yang baru setahun sudah banyak terobosan. Kedua, gedor bersama Paragons Corp gerak bersama dan melibatkan semua pihak. Terakhir, gaspol dengan menggarap semua potensi yang ada termasuk potensi online untuk ciptakan lapangan kerja,” katanya lagi.

Untuk itu, Sandiaga Uno mengimbau semua masyarakat setiap postingan untuk menandai Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) untuk satu tahun kedepannya. Hal ini untuk mempromosikan wisata Sumbar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan bahwa hal ini merupakan ajang untuk memperkenalkan pariwisata Sumbar dengan lebih luas. “Kita tau kita kehilangan 4 juta turis domestik. Pak Sandiaga Uno menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru, semoga Sumbar turut berkontribusi dalam menciptakan pekerjaan baru dan kita juga mengejar ketertinggalan 4 juta turis domestik yang hilang di masa 2022,” katanya.

Sumbar, kata Audy, baru-baru ini diapresiasi oleh menteri yang satu-satunya provinsi di Indonesia yang resmikan tahun kunjungan pariwisata, yaitu Visit Beautiful West Sumatra 2023 yang diresmikan langsung oleh Menteri Sandiaga Uno.

“Kali ini launching lagi TVC Pariwisata Sumbar Tambuah Ciek, diharapkan akan membantu mendatangkan turis-turis domestik, sekarang turis internasional juga sudah mulai berdatangan khususnya di Mentawai,” ucapnya.

Ketua BPPD Sumbar, Sari Lenggogeni menyebutkan, video yang berdurasi 2 menit ini akan diputar di BIM setelah diresmikan oleh Menpar Sandiaga Uno.

“Video yang bertajuk “Tambuah Ciek” ini dibuat beberapa scene dengan durasi 2 menit yang menginterprestasikan filosofi Minangkabau berpadu dengan literasi dan penelitian menjadi sebuah TVC,” katanya.

Sari mengatakan, campaign tambuah ciek bertujuan untuk mendorong expenditure wisatawan dari lama tinggal, belanja dan makan untuk mencapai KPI pariwisata. TVC akan menggambarkan filosofi dan destination personality Sumbar sebagai daerah tujuan wisata.

“TVC ini berbeda dari yang lain, karena memiliki unsur story telling yang kuat dan partisipasi berbagai pihak, seperti Marawa Beach, Padang Trail Runners, Uda Uni Sumbar dan pemeran lainnya,” ujarnya.

Untuk yang pertama TVC fokus pada destinasi utama di Sumbar, dengan ceritanya serta  filosofi dan ekosistem pariwisata Sumatra Barat.

Peresmian dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Wali Kota Padang, Hendri Septa,  Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, direksi bank, pemeran TVC, kadispar kabupaten kota, Kadin HIPMI Gekrafs dan stakeholders pariwisata, serta beberapa Direksi Airlines.

Selain meresmikan TVC promosi pariwisata “Tambuah Ciek”, Menteri Sandiaga langsung mengunjungi tiga Desa Wisata Sumbar yang masuk nominasi ADWI 2023, yakni Desa Wisata Nyarai (Padang Pariaman), Desa Wisata Kubu Gadang (Padang Panjang) dan Desa Wisata Adat Nagari Sijunjung. (*)

Exit mobile version