Sirukam Dairy Farm, Objek Wisata Edukasi Peternakan Sapi

Sirukam Dairy Farm

SIRUKAM, HARIANHALUAN.ID – Sirukam Dairy Farm, merupakan salah satu tempat wisata yang berbasis edukasi di Jl. Solok -Alahan Panjang  KM 18, Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok.

Sirukam Dairy Farm adalah sebuah perternakan sapi perah dan pengolahan susu terbesar di Sumatera Barat, sekaligus tempat wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Manager Sirukam Dairy Farm, Cai mengatakan tempat ini dibuka pada tahun 2018  dengan luas 20 hektare.

Mempunyai  kandang sapi perah, sapi pedaging, domba/kambing, ayam kukuak balenggek, ayam petelur, kelinci, burung merpati dan tanaman hias yang di budidayakan.

“Pengunjung tempat ini selalu ramai meskipun cuaca kurang bagus.  Rata-berkisar 800 sampai dengan 1.000 orang perharinya,” katanya.

Dikatakannya, fokus Sirukam Dairy Farm saat ini yaitu  memberikan edukasi pada pengunjung tentang peternakan dan pertanian.

“Sirukam Dairy Farm merupakan sebuah tempat wisata yang bertemakan edukasi dan fokus kita disini adalah untuk memberikan informasi tentang perternakkan dan pertanian pada pengunjung,” katanya, Jumat (19/5).

Dikatakannya Sirukam Dairy Farm ini dibuka setahun yang lalu untuk umum, setiap harinya Sirukam Dairy Fram selalu ramai pengunjung mulai dari awal buka sampai saat ini.

Sirukam Dairy Farm buka mulai dari jam 10.00 sampai dengan jam 18.00, di Sirukam Dairy Farm pengunjung bisa menanyakan tentang perternakan kepada petugas yang nantinya akan dijawab oleh petugas tersebut dan dijelaskannya secara detail.

“Tiket masuk hanya Rp10 ribu, pengunjung yang masuk sudah bisa mengakses seluruh kadang disana dan tiket tersebut bisa di tukar dengan satu botol susu sapi,” ujarnya.

Akses jalan untuk menuju Sirukam Dairy Farm bisa melalui jalan raya Solok-Alahan Panjang.

Awal kita masuk di gerbang Sirukam Dairy Farm  memang belum terlihat menarik, akan tetapi setelah masuk ke area kafe dan taman suasana di sana akan terlihat  lebih menarik dan asri.

Dari Cafe Sirukam Dairy Farm akan terlihat hamparan Gunung Merapi, Sago dan Singgalang.

Sambil menikmati pemandangan kita juga bisa sambil menikmati makan dan minum yang ada di Kafe Sirukam Dairy Farm.

Dari taman Sirukam Dairy Farm juga terlihat jelas hamparan Danau singkarak dan keindah Gunung talang yang terlihat sangat jelas.

Sirukam Dairy Farm juga memiliki tempat parkir luas, masjid, penyulingan atsiri, pabrik pengelolan kopi, pabrik pengelolan susu, dan memiliki 60 orang karyawan yang fokus dibidangnya masing-masing.

Mulai dari security, penjual karcis, penjaga taman, petugas kebersihan, perternakkan dan lainnya.

Di Sirukam Dairy Fram Tidak hanya wisata edukasi saja disini juga bisa untuk berfoto karena tempatnya yang bagus untuk dijadikan spot foto karena sebagus-bagus itu untuk dijadikan latar foto.

Salah satu pengunjung  Sirukam Dairy Farm, Jul wargana Nagari Rimbo data, mengatakan bahwa tempat wisata ini berbeda dengan yang lainnya.

 “Disini kita tidak hanya sekedar melepas penat saja akan tetapi disini kita juga memdapatkan ilmu tentang cara beternak secara modern.

“Anak-anak juga senang karena area bermain anak di sini juga banyak sehingga anak-anak tidak cepat bosan,” ujarnya. (mg)

Exit mobile version