Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Sumbar, Tourism Malaysia Targetkan Kunjungan 3 Juta Wisatawan dari Indonesia

Rombongan Tourism Malaysia, Chan Hon Mun, Konsul Pelancongan/Direktur Tourism Malaysia di Konsulat Jeneral Malaysia Medan, Yusnita Yusof Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan dan Marketing Manager Tourism Malaysia di Sumatera TW Harsono saat bersilaturahmi ke Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, Rabu (7/6). IST

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pascapandemi Covid-19, dunia pariwisata kembali menggeliat. Termasuk negara tetangga, Malaysia, yang menargetkan kunjungan 3 juta wisatawan dari Indonesia pada tahun 2023 ini. Dari jumlah itu, sebanyak 1 juta wisatawan ditargetkan dari Pulau Sumatera.

Hal itu diungkapkan Chan Hon Mun, Konsul Pelancongan/Direktur Tourism Malaysia di Konsulat Jeneral Malaysia Medan, didampingi Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan Yusnita Yusof dan Marketing Manager Tourism Malaysia di Sumatera TW Harsono, kepada wartawan Rabu (7/6) di Truntum Hotel.

Menurut Chan Hon Mun, sebelum ini mereka sudah mengunjungi Batam dan Pekanbaru. “Tourism Malaysia Medan hadir di Kota Padang untuk lebih meluaskan lagi networking serta kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, baik ke Malaysia dan ke Sumatera Barat,” kata Chan Hon Mun.

Dikatakannya, pariwisata Malaysia sekarang makin berkembang. Wisatawan yang datang tak hanya sekadar berobat ke Melaka, tapi juga mengunjungi beragam destinasi menarik yang disediakan, di Kuala Lumpur, Genting, Langkawi dan lainnya.

Rombongan ini juga bersilaturahmi ke Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda. Bahkan Chan Hon Mun mengatakan, mereka juga memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan Visit Beautiful West Sumatera 2023 dan siap untuk bekerjasama dalam menyukseskan program ini.

Chan Hon Mun juga memuji kekayaan pariwisata Sumatera Barat yang luar biasa termasuk kuliner yang menurut beliau adalah magnet yang membuat wisatawan rindu untuk datang kembali.

Ketersediaan sarana transportasi yang memadai merupakan elemen terpenting dalam industri ini, dalam waktu terdekat Tourism Malaysia Medan berencana untuk bertemu dengan operator penerbangan guna membincangkan promosi bersama untuk meningkatkan kedatangan turis di antara kedua Negara. Hal ini ini sejalan dengan Visit IMT-GT Year 2023-2025 program kerja sama antara Indonesia-Malaysia dan Thailand yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan wakil pemerintahan Thailand dalam pertemuan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Saat ini statistik kunjungan Indonesia dan Malaysia menunjukkan tren yang sangat positif, terdapat sebanyak 462 penerbangan langsung ke Malaysia dan hingga Februari 2023 tercatat 470.812 turis Indonesia telah datang berkunjung ke Malaysia dengan berbagai tujuan, demikian juga dengan turis Malaysia yang berwisata ke Indonesia tercatat sebanyak 363,924 orang.

Chan juga menyampaikan bahwa pemerintah Malaysia telah mencanangkan Visit Malaysia Year 2025 yang diharapkan akan dapat mendorong sektor pariwisata Malaysia. Ia berharap pariwisata atau pelancongan Malaysia dan Indonesia kembali kokoh dan kuat untuk menjadi penyumbang pendapatan serta menjadi tulang punggung ekonomi bagi kedua negara. (h/atv)

Exit mobile version