Jamnas BP Geopark Nusantara 2023 di Sawahlunto Segera Digelar

Sawahlunto

Keindahan objek Wisata Batu Runciang di Geopark Sawahlunto. IST

HARIANHALUAN.ID – Sumatra Barat (Sumbar) siap menjadi tuan rumah Jambore Nasional (Jamnas) Badan Pengelola (BP) Geopark Nasional  2023. Jambore berkonsep kamping santai alam terbuka ini, akan diselenggarakan di Kota Sawahlunto pada tanggal 25 hingga 28 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, jambore berskala nasional ini, akan menjadi ajang silaturahmi berbagi ilmu antar pengelola geopark se-Sumatra Barat dan tanah air.

“Kegiatan ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan Geopark Exibition, penghijauan, bimtek, tracking hingga Fun Games lainnya,” ujarnya, Rabu  (5/7/2023).

Kadispar menyampaikan, Jamnas BP Geopark merupakan forum yang tepat untuk mempromosikan potensi usaha pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di seluruh kabupaten kota.

Untuk itu, panitia penyelenggara bakal menyediakan puluhan atau ratusan stand-stand pelaku usaha yang bisa digunakan pelaku UMKM dan Ekraf secara gratis.

“Kegiatan ini bermuara kepada upaya peningkatan kualitas pengelolaan geopark, promosi UMKM ekraf, serta memicu perputaran uang di daerah. Atas dasar itu, kita berencana menjadikan Jamnas BP Geopark sebagai agenda rutin dua tahunan,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Sumbar, Doni Hendra menambahkan, jambore nasional pegiat geopark se-nusantara rencananya akan diikuti sekitar 200 peserta.

“Peserta berasal dari sembilan Badan Pengelola atau BP Geopark se-Sumbar. Kemudian ditambah dengan 10 BP Geopark binaan UNESCO di seluruh Indonesia lainnya,” katanya.

Ia menuturkan, kegiatan ini sengaja dirancang dengan konsep sharing transfer ilmu pengetahuan santai di alam terbuka. Dalam acara ini, seluruh peserta diminta untuk membawa keperluan kamping masing-masing.

Sementara persoalan tenda kamping, makan siang maupun makan malam, akan sepenuhnya menjadi tanggungjawab panitia penyelenggara.

“Panitia penyelenggara jambore akan memfasilitasi makan siang, makan malam, lokasi kamping, serta tenda peserta. Sementara perlengkapan lainnya, dipersiapkan mandiri oleh para peserta,” ujarnya. (*)

Exit mobile version