Dinas Pariwisata Kota Padang Susun DED untuk Goa Kelelawar

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani saat berada di goa kelelawar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.ID –  Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang akan menjadikan goa kelelawar sebagai objek wisata baru di Kota Padang. Pengembangan goa kelelawar menjadi objek wisata baru ini merupakan salah satu program unggulan dari Wali Kota Padang.

 “Goa kelelawar menjadi salah satu objek wisata baru yang sedang dikembangkan. Saat ini kami sedang menyusun DED(detail engineering desain) untuk Kawasan wisata tersebut,”ujar Kadis Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani, Jumat (25/8).

Yudi Indra Syani mengatakan, untuk menambah daya tarik objek wisata goa kelelawar bagi wisatawan, ia ingin menambahkan penerangan, seperti  lampu berwarna yang lembut-lembut agar objek wisata goa kelelawar menjadi lebih indah. Kemudian akan dibuatkan jalur untuk pejalan kaki.

“Untuk sementara ini akses menuju objek wisata goa kelelawar masih melewati kawan PT Semen Padang, oleh karena itu kita butuh dukungan dari dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk mencapai akses objek wisata tersbut. Saat ini kami masih berusaha untuk pembebasan lahan jalan menuju tempat goa kelelawar tersebut,”ujarnya.

Yudi mengatakan, Dinas Pariwisata Kota Padang sedang berkoordinasi dengan pihak PT Semen Padang untuk merealisasikan bantuan kurang lebih Rp200 juta. Bantuan ini akan dibuat untuk perkembangan objek wisata goa kelelawar.

“Tentang pembebasan lahan akan dibicarakan dengan camat, lurah,dan tokoh masyarakat untuk dijadikan akses jalan, proses ini akan kita lalui secara administrasi dengan pihak terkait bagaimana penyelesaiannya,”ujarnya.

Goa Kelelawar merupakan salah satu objek wisata yang berada di kaki Bukit Indarung dan masih eksotis dengan ciri khasnya banyak kelelawar bergelantungan di dalam goa tersebut. Hal itu membuat keindahan Goa Kelelawar  layak dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur.(h/mg-dna)

Exit mobile version