Baik bagi Dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten Kota hingga kepada pemerintahan Nagari yang notabene adalah pemilik sah dari setiap destinasi pariwisata yang ada di penjuru Ranah Minang.
“Makanya kita sangat berharap adanya komitmen yang kuat dari pemerintahan Kabupaten Kota hingga Desa atau Nagari dalam mengembangkan desa wisata ini,” tegasnya,
Lanjut ia sampaikan, upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi wisatawan di desa wisata Sumbar, harus diakui masih kerap terhambat oleh faktor rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola
Atas dasar itu, menurutnya, poin yang paling utama dan krusial untuk dibenahi saat ini, ialah peningkatan SDM yang selanjutnya baru kemudian diikuti dengan pembenahan akses maupun infrastruktur desa wisata.
Sementara itu, Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Destinasi Dinas Pariwisata Sumbar, Doni Hendra menambahkan, raihan empat gelar juara serta pemecahan dua rekor MURI yang berhasil dicatatkan Sumbar pada ajang ADWI 2023 lalu, mesti menjadi motivasi bagi seluruh aparatur pemerintahan maupun pegiat desa wisata yang ada di Sumbar.
Doni menekankan, upaya peningkatan kualitas pengelolaan desa wisata yang mesti dikerjakan oleh seluruh pengelola desa wisata Sumbar saat ini, mesti ditopang dengan keberadaan ekonomi kreatif yang bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.