Oktober, Wisman Bakal Kunjungi Sumbar

BPPD SEMAKIN GETOL PROMOSIKAN PARIWISATA

Ketua Asita

Wakil Ketua BPPD Sumbar yang juga Ketua DPD Asita Sumbar, Darmawi bersama Presiden DITTAM, Rohizam MD Yusof dalam rangka kunjungan wisatawan mancanegara kedua belah pihak di Kuala Lumpur, Selasa (12/4/2022). IST

HALUANNEWS, PADANG – Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, Darmawi semakin getol mempromosikan pariwisata di Sumbar kepada negara-negara tetangga.

Kepada Harianhaluan.id, Ia menuturkan, sedang melakukan kunjungan dan promosi ke Kuala Lumpur Malaysia sejak 12 April 2022 dan negara tetangga lainnya, yakni Singapura dan Thailand.

“Saat ini saya sedang berada di Kuala Lumpur mengadakan pertemuan dengan The Malaysian Association of Tour and Travel Agens (MATTA) dan juga dengan Presiden Digital Travel Technology Association of Malaysian (DITTAM) yakni Rohizam MD. Yusof,” kata Darmawi, yang juga menjabat Ketua DPD Asita Sumbar, Rabu (13/4/2022).

Darmawi mengatakan, pada pertemuan tersebut DPD Asita dan BPPD bekerja sama dengan MATTA dan DITTAM untuk melakukan hubungan timbal balik, yakni kunjungan wisatawan antara Malaysia dengan Sumbar.

Ia berharap dengan kunjungan ini hubungan dua haluan ini akan bisa ditingkatkan. “Itu adalah target kita untuk mempromosikan kedatangan wisatawan ke Sumbar,” ucapnya.

Darmawi mengajak seluruh teman-teman dari travel agen, asosiasi perhotelan, serta pelaku dan pegiat pariwisata di Malaysia untuk datang ke Sumbar. “Tepatnya Oktober kita rencanakan, mereka akan mulai mengunjungi Sumbar,” katanya lagi.

Setelah itu, sambung Darmawi, juga akan ada kunjungan ke Kuala Lumpur lagi di penghujung Tahun 2022 atau diawal Tahun 2023. Hal itu dalam rangka menyukseskan program “Visit Beautiful West Sumatra 2023” yang telah diluncurkan oleh Wagub Sumbar bersama Kepala BI Sumbar.

Dikatakannya, gesitnya promosi ke negara-negara tetangga agar kebangkitan dan pergerakan pariwisata lebih maju. Hal itu juga melihat kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai melandai.

“Kita bertekad kegiatan pariwisata Sumbar dan Kuala Lumpur perlu digencarkan melalui sosialisasi daerah kita masing-masing kepada dua belah pihak ini,” ucapnya lagi.

Pada kunjungannya itu, Darmawi juga mengatakan apa yang dirasakan oleh travel agen anggota Asita di Sumbar tidak jauh beda dengan apa yang terjadi di Kuala Lumpur.

“Kondisi kita kurang lebih sama selama pandemi ini. Tapi kita melihat mulai ada titik terang. Dalam perbincangan hangat dengan Presiden MATTA dan Presiden DITTAM, kita sangat berharap bisa mempererat dan memperkuat hubungan kerja sama ini secara timbal balik,” katanya lagi.

Kemudian BPPD dan Asita juga mendorong aksesibiliti penerbangan antar negara di Asia, khususnya penerbangan Air Asia. Selain itu, juga beberapa penerbangan lain agar membuka rute penerbangan Padang-Kuala Lumpur untuk meningkatkan gairah pariwisata kedua belah pihak.

“Tidak dipungkiri masing-masing wisatawan kedua belah pihak sudah sangat ingin kembali untuk melakukan lawatan-lawatan dan kunjungan. Ini juga mempercepat pulihnya perekonomian kedua melalui sektor pariwisata,” ucapnya.

Ia berharap pelaku dan pegiat pariwisata di Sumbar segera membenahi segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan terhadap wisatawan. Harapan kita di pertengahan Tahun 2022 dan sampai diujung Tahun 2023 peningkatan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar kembali pulih.

Darmawi menegaskan, Sumbar sudah siap menerima kedatangan wisatawan dari mancanegara. Selain itu, semua pihak terkait diminta untuk saling berkolaborasi. Baik dari travel agen yang menjadi anggota Asita dan pelaku pegiat pariwisata lainnya, seperti PHRI, HPI, Asati, Astindo, Aspi, PHSB dan pelaku wisata di setiap destinasi. (*)

Exit mobile version