Ciptakan Rasa Aman bagi Wisatawan, Satpol PP Padang Patroli di Sepanjang Pantai Padang

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam mewujudkan pariwisata yang aman, nyaman dan tenang di wilayah Kota Padang.

Karena, rasa aman dan nyaman merupakan syarat mutlak yang harus diberikan kepada masyarakat Kota Padang, khususnya kepada wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di kota ini.

Terlihat, pengawasan dilakukan setiap hari di sepanjang Pantai Padang, mulai dari Masjid Al-Hakim hingga Pantai Cimpago.

Indra Jaya, Kabid Linmas Satpol PP Kota Padang mengatakan, sesuai arahan Kasat Pol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra bahwa selain melakukan penertiban terhadap pelanggar perda, tim Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus diturunkan dalam memberikan sosialisasi dan menciptakan rasa aman, nyaman kepada wisatawan yang ada di Kota Padang.

“Berdasarkan instruksi itulah kami hadir dan menyapa pengunjung wisata,” katanya, Kamis (4/1/2024).

Ia mengatakan, anggota akan terus berpatroli di jam-jam rawan di tempat-tempat wisata, hal itu dilakukan untuk menghilangkan rasa was-was masyarakat dan wisatawan yang berlibur di Kota Padang. Selain itu, anggota juga mengajak masyarakat sekitar, seperti tukang parkir dan pedagang untuk ikut terlibat aktif dalam memberikan rasa aman dan nyaman di tempatnya.

“Sebab menciptakan pariwisata aman dan nyaman tidak bisa dilakukan oleh petugas saja, harus dengan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Jika ada dugaan gangguan trantibum, katanya, seperti pemalakan dan parkir liar atau lainnya, wisatawan jangan sungkan-sungkan untuk melaporkan kepada anggota satlinmas yang berpatroli di sana. “Kehadiran kami memang untuk itu, memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan di sana,” ucap Indra Jaya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra mengakui bahwa keamanan menjadi faktor penting dalam pariwisata. Sebab, wisatawan akan berpikir ulang jika destinasi wisata tidak aman.

“Pemko terus gencarkan destinasi pariwisata dan kami selaku penegak perda bersama Stakeholder terkait, seperti TNI/Polri akan terus berupaya menciptakan suasana aman di Kota Padang,” tutur Chandra. (*)

Exit mobile version