44 Turis Malaysia Kunjungi Sawahlunto di Hari Pemilu

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.ID – Dihari pesta demokrasi Indonesia 14 Februari ini, 44 turis mancanegara asal Malaysia dan 9 orang kru mengunjungi objek wisata warisan dunia UNESCO, Sawahlunto.

Mereka mengunjungi situs peninggalan tambang batubara Lubang Mbah Soero, Museum Gudang Ransoem, Museum Kereta Api dan makan siang di Rumah Gadang Balai-Balai Adat Nagari Talawi.

Manager Operasional PT. Dakoga Tour International, Desma Harianto menyebutkan bahwa pemandu turis mancanegara tersebut sebelumnya telah menghubungi CEO. Mereka akan datang pada Rabu 14 Februari 2024.

“Saat mengunjungi Lubang Mbah Soero, para tamu tersebut masuk bergantian 10 orang, karena kondisi lubang yang tergolong kecil untuk dimasuki banyak orang,” katanya.

Kemudian tamu melanjutkan perjalanan ke Balai-Balai Nagari Talawi di Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi. Di sana, para tamu menikmati makan siang di rumah gadang.

“Penyajiannya dihidang di atas lantai. Para tamu duduk membentuk segi empat dimana di antaranya disusun piring-piring berisi lauk, sayuran dan makanan ringan. Biasanya kita mengundang ninik mamak atau pemangku adat setempat dan diselingi dengan musik, namun karena banyak yang ikut panitia pemilu, pelayanannya hanya untuk makan saja,” ucapnya.

Dia menyayangkan sempit dan terbatasnya waktu. Wisatawan mancanegara tersebut hanya sempat berfoto di Museum Kereta Api sebelum meninggalkan Kota Sawahlunto sore ini untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Padang.

Kepala Bidang Permuseuman, Debbie Hallen menyebutkan bahwa sebenarnya objek kunjungan tersebut memang dijadwalkan tutup pada hari ini.

“Objek wisata yang yang dikelola Dinas Kebudayaan tutup semua, karena banyak pegawai kami ikut panitia pemilu. Biasanya hari libur nasional pun kami tetap buka,” ucapnya.

Namun karena kedatangan tamu spesial dari Malaysia, pihaknya mengambil kebijakan untuk membuka objek sesuai permintaan. (*)

Exit mobile version