Diwarnai Kendaraan Mogok, Geopark Batu Runcing Sawahlunto Dikunjungi 670 Wisatawan

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto mencatat 670 wisatawan kunjungi Geopark Batu Runcing pada liburan pertama atau H+2 lebaran, Kamis (11/04) kemarin.

Kepala Desa Silungkang Oso, Ferdinal optimis akan ada 10.000 pengunjung yang akan berwisata ke Geopark Batu Runcing, pada musim lebaran 1445 H ini.

Ada tiga tikungan tajam yang berpotensi membahayakan. Di titik tersebut, pihaknya akan mesiagakan petugas untuk mengatur lalu lintas dengan memprioritaskan kendaraan dari bawah terlebih dahulu.

Ferdinal menyebutkan, kemarin beberapa kendaraan pengunjung sempat mengalami kendala saat menempuh jalur tersebut.

“Banyak motor dan mobil yang mogok saat menanjak di titik rawan tersebut. Umumnya motor matic dan mobil sedan,” ungkapnya, Jum’at (12/04).

Dia mengaku telah mengevaluasi permasalahan tersebut dengan pimpinan. Ada beberapa skema yang ditambah demi kenyamanan pengunjung.

“Kami tambah pusat informasi yang berlokasi sebelum tanjakan curam itu agar pengunjung tahu keadaan medan jalan,” katanya.

Batu Runcing adalah salah satu destinasi yang sedang hit di Dusun Sungai Cocang ini terus menyedot perhatian wisatawan sejak dibuka tahun lalu. Namun jalur ke lokasi tersebut terbilang sangat ekstrim. Pendakian yang terjal, jalan yang sempit dan berbatas dengan bukit dan jurang membuat pengendara yang tidak berpengalaman akan kesulitan. (*)

Exit mobile version