Minuman Buah Nipah, Kuliner Khas Kawasan Ekowisata Tiram Tapakih

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID- Wisatawan di Kawasan Pantai Tiram, Ulakan Tapakis bisa menikmati minuman sehat buah Nipah, tepatnya di sepanjang jalan jalur tepi pantai Ulakan Tapakis Padang Pariaman.

Minuman dengan isi buah nipah ini dijual pedagang Rp8 ribu per gelas sebagai kuliner khas kawasan ekowisata.

Wali Nagari Tapakih Kec. Ulakan Tapakis, Ade Candra Saputra mengatakan Minuman ini baru saja viral dalam dua tahun terakhir dan hanya bisa ditemukan di daerah Ulakan Tapakis -Tiram Nan Sabaris, Padang Pariaman.

Ia mengatakan, buah Nipah ini lebih dari sekadar pelepas dahaga, tetapi mengandung manfaat bagi kesehatan. Kulit buah nipah bisa dikonsumsi sebagai pencegah penyakit diabetes dan masalah pencernaan.

“Sedangkan isi dari buah nipah dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan mencegah batu ginjal,” Ujar Ade, Jumat (12/04/24)

Penjual Minuman Es Nipah, Yuli mengatakan bisa meraup keuntungan hampir Rp 1 juta. Ia mengungkapkan, sebelumnya buah nipah hanya dikonsumsi selingkup petani saja, namun setelah diperkenalkan ke publik oleh Pemerintah Kabupaten, masyarakat berbondong- bondong membeli buah nipah karena mengetahui akan khasiatnya.

“Buah nipah bukan hanya bisa dibuat jadi Es Nipah, tapi juga bisa dibuat menjadi bahan campuran kolak dan aneka campuran makanan manis lain,” ujarnya.

Selain Es Nipah, di tempat ini Yuni juga menyediakan menu andalan seperti sala lauak dan rakik.

“Lebaran Idul Fitri 1445 H ini minuman nipah laris dari pada hari biasanya,” ujarnya (*)

Exit mobile version