Negara Tetangga Bakal Ramaikan Gowes Siti Nurbaya Adventure

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Peserta dari negara Malaysia siap mengikuti iven Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA) ke VIII yang bakal digelar pada hari Minggu (5/5) mendatang. Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar instruksikan seluruh unsur siap mendukung iven.

“Negara Malaysia sudah mengkonfirmasi untuk mengikuti iven ini. Kemudian kita juga sudah mengundang beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Brunei Darussalam. Makanya kita harus memaksimalkan semua hal di setiap rute baik itu kebersihan, pengamanan, dan hingga kenyamanan tamu,” ujar Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, Rabu(24/4).

Katanya,  iven Gowes Siti Nurbaya Adventure ke VIII ini persiapannya telah mencapai 90 persen. Sampai saat ini sebanyak 10 ribu peserta dan 250 klub yang telah mendaftar. Pihaknya menargetkan sebanyak 50 ribu peserta yang mendaftar pada tahun ini. 

“Jika berkaca pada tahun lalu, euforia masyarakat tampak tinggi dengan pelaksanaan iven. Kita tunggu H-1 dan H-2, Insya Allah akan banyak yang datang di samping peserta dari kabupaten/kota di Sumbar, kita juga undang wali kota, DPRD se-Indonesia dan sebagian sudah ada yang konfirmasi kehadirannya bersama rombongan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Afriadi mengatakan Iven GSNA tahun ini akan membawakan konsep bersepeda sambil berwisata.

“Peserta kita tidak hanya gowes, tapi juga bersantai dan menikmati destinasi yang ada di sepanjang rute. Berbeda dari tahun lalu dengan peserta yang berpacu hingga finish,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bagi peserta yang ingin mengikuti GSNA VIII, dapat mendaftarkan diri di nomor 0853-7642-1111 (H. Sal) atau 0813-6345-9957 (Yossi). Atau kontak person di nomor 0852-6386-3117 (Syafrizon).  Selain itu peserta juga dapat mendatangi Kantor Dispora Padang di Kolam Renang Teratai. Adapun pada iven GNSA tahun ini beberapa peserta meminta untuk dapat melewati jalur yang ekstrim.

“Banyak juga peserta yang minta rute ekstrem karena mereka sudah terbiasa gowes. Kita akan penuhi permintaan mereka,” ujarnya.

Diketahui, terdapat tiga rute yang akan dilalui peserta GNSA ke VIII yakni rute panjang, rute pendek dan ekstrim.

Rute jalur panjang start dari GOR H Agus Salim – jalan Rasuna Said – jalan Sudirman – jalan Sutan Syahrir – jalan Koto Kaciak – jalan Lurus Depan Rumah Aciak – jalan Teluk Bayur – ke Lantamal naik ke Bukit Peti-Peti – jalan Baru Air Manis – Jembatan Siti Nurbaya – jalan Nipah – jalan Samudera – jalan Juanda – jalan Raden Saleh – jalan Rasuna Said – finish di GOR H Agus Salim.

Rute jalur pendek start dari GOR H Agus Salim-Jalan Rasuna Said-Jalan Sudirman-Jalan Bagindo Aziz Chan-Jalan Sutan Syahrir-Jalan Seberang Padang-Jembatan Siti Nurbaya-Jalan Nipah-Masjid Al Hakim-Jalan Samudera-Jalan Juanda-Jalan Raden Saleh-Jalan Rasuna Said dan finish di GOR H.Agus Salim.

Sedangkan jalur ekstrem yakni start di depan Kolam Renang Teratai GOR H Agus Salim – jalan Rasuna Said – jalan Sudirman – jalan Sutan Syahrir (Mata Air) – jalan belok kanan naik ke Bukit Karan – turun ke Teluk Bayur – jalan lama Bukit Air Manis tembus ke jalan baru Air Manis – Jembatan Siti Nurbaya- jalan Nipah- jalan Samudera – jalan Raden Saleh – jalan Rasuna Said – finish di GOR H Agus Salim. (*)

Exit mobile version