LIPUTAN EKSKLUSIF: Bike Tour 2022, PHRI Sumbar Siap Jadi Pilot Project

PHRI

Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran didampingi Sekretaris PHRI Sumbar, Elvis Syarif dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Mazri Tanjung saat menyampaikan persiapan iven PHRI Bike Tour 2022, Rabu (25/5/2022). YESI

HALUANNEWS, PADANG — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bersiap menggelar kegiatan sport tourism bertajuk PHRI Bike Tour 2022 di delapan kota di Indonesia.

Delapan kota tersebut terdiri Padang (3-5 Juni), Bali (24-26 Juni), Palembang (15-17 Juli), Bogor (6-7 Agustus), Jogja (17-18 September), Mandalika (4-6 November), Makassar (18- 20 November), dan Jakarta (3 Desember).

Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran mengungkapkan bahwa sebagai pelaksana pertama adalah Kota Padang dan siap menjadi percontohan atau pilot project.

“Meskipun waktu persiapan kami sangat mepet sekali, tapi kami siap dan optimis bisa mengangkat iven nasional ini di Sumbar,” kata Rina saat ditemui di Hotel Pangeran, Rabu (25/5/2022).

Rina menuturkan, iven gowes sepeda ini berbeda dengan perlombaan sepeda yang sudah ada pada umumnya. Jika biasanya target lomba balap sepeda untuk adu cepat sampai garis finis, maka pada PHRI Bike Tour 2022 yang dicari bukanlah yang tercepat.

Pemenang nantinya adalah peserta yang membuat video pengalamannya selama melewati rute yang telah ditetapkan dan mengunggahnya di media sosial masing-masing.

“Jadi semacam storytelling atau membuat cerita dan kesan masing-masing selama bersepeda melewati tempat wisata di Kota Padang. Tujuan kami, peserta nantinya mempromosikan wisata di Kota Padang sesuai rute yang akan dilalui peserta,” ucapnya.

Rina menambahkan, pemilihan Kota Padang sebagai salah satu pelaksana juga didasarkan atas tindak lanjut usulan Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang berdiskusi bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani dan mendorong PHRI Sumbar untuk mengangkat kembali iven-iven nasional di Sumbar.

Ia menyebut, sejak kunjungan panitia pelaksana pada Munas PHRI beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang sangat mendukung sekali iven seperti ini.

Iven-iven semacam ini juga dinilai sangat efektif untuk meningkatkan okupansi hotel, yang juga tentunya akan membangkitkan imunitas pariwisata di Sumbar, yang berdampak banyak, tidak hanya bagi okupansi hotel, tapi juga bagi pelaku wisata lain, seperti pelaku usaha di bidang kuliner, oleh-oleh dan seterusnya.

PHRI juga bekerja sama dengan event organizer (EO) Inspiro yang memang sudah terkenal debutnya mengelola iven-iven internasional, mulai dari lomba maraton, balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) dan banyak iven lainnya.

Untuk teknis pelaksanaan, Sekretaris PHRI Sumbar, Elvis Syarif mengatakan, peserta nantinya akan melewati rute kurang lebih 40 kilometer, yang melintasi beberapa spot wisata menarik.

“Titik awal dimulai dari Pantai Padang menuju Jembatan Siti Nurbaya, Marawa Beach Club (MBC), Lantamal, Teluk Bayur, Jalan Radem Saleh, Masjid Raya Sumbar, Jalan Sudirman, dan finis di Istana Gubernur,” ucap Elvis.

Direncanakan juga, pada malam tanggal 3 Juni akan diadakan welcome dinner untuk seluruh peserta. Kemudian, keesokan harinya peserta diajak berkompetisi membuat teh talua sebagai minuman khas Sumbar dan menyusun piriang ala Minang (badantiang).

Selain itu, seluruh peserta yang mencapai finis nantinya akan mendapatkan medali. Sedangkan tiga video terbaik peserta akan mendapatkan total hadiah Rp9 juta dan voucer hotel.

“Para pemenang nantinya akan diumumkan satu minggu setelah acara berlangsung di masing-masing kota,” ucapnya.

Ditargetkan, 500 peserta dapat memeriahkan iven ini. Sebagai pelaksana perdana, pengurus PHRI di berbagai kota lainnya direncanakan juga akan datang langsung ke Kota Padang.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Mazri Tanjung mengatakan, untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, peserta dapat mendaftar melalui laman www.phribiketours.com atau mengikuti Instagram @phribiketour. (*)

Berita ini telah terbit di Liputan Eksklusif EDISI SABTU Koran Harian Umum Haluan, 28 Mei 2022 dengan judul “Padang Penyelenggara PHRI Bike Tour 2022”.

Exit mobile version