Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Beri Kuliah Umum di Thawalib Padang Panjang

Prof. Dr. M. Amin Abdullah Berikan Kuliah Umum di Perguruan Thawalib

HARIANHALUAN.id – Guru besar Universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. Muhammad Amin Abdullah diagendakan memberikan kuliah umum di Perguruan Thawalib Padang Panjang pada Rabu 13 Juli 2022.

Kuliah umum pada awal tahun ajaran 2022-2023 tersebut akan diikuti oleh seluruh santri Perguruan Thawalib, para undangan termasuk rombongan dari Universitas Prof. Dr. Hamka, Jakarta.

Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir, Kamis (7/6/2022) mengatakan, agenda kuliah umum tersebut dilaksanakan sebelum dimulainya proses belajar mengajar santri Perguruan Thawalib.

“Untuk tahun ajaran baru 2022-2023 Perguruan Thawalib diawali kuliah umum yang diberikan oleh Prof Dr M Amin Abdullah,” ujarnya.

Kegiatan kuliah umum bagi santri Perguruan Thawalib, kata Irwan Natsir adalah semacam kegiatan rutin yang diadakan setiap awal tahun ajaran baru di Perguruan Thawalib.

“Memang sudah menjadi program Yayasan Thawalib setiap awal tahun ajaran dimulai dengan acara kuliah umum dengan menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan. Untuk awal tahun ajaran sekarang menghadirkan guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. Amin Abdullah, ” jelasnya.

Kegiatan kuliah umum tersebut sebagai kegiatan akademis untuk memberikan pencerahan kepada santri Thawalib sebelum memulai proses belajar mengajar. Sehingga para santri dapat pengetahuan dan wawasan terhadap berbagai hal yang disampaikan dalam kuliah umum tersebut.

Mengenai kegiatan kuliah umum sekarang, kata Irwan Natsir agak terbilang istimewa. Karena penyelenggaraan kuliah umum merupakan kerjasama Yayasan Thawalib dengan Universitas Prof Dr Hamka Jakarta dan majalah Suara Muhammadiyah.

“Acara kuliah umum sekaligus acara peluncuran buku ensiklopedia jilid dua Buya Hamka yang diterbitkan oleh Pusat Studi Buya Hamka dan Suara Muhammadiyah, ” kata Irwan Natsir.

Wakil Ketua Pusat Studi Buya Hamka, Universitas Prof Dr Hamka, Dr Budi Johan mengatakan, kegiatan kuliah umum dan peluncuran buku merupakan satu rangkaian kegiatan kerjasama Yayasan Thawalib, PSBH Uhamka dan Majalah Suara Muhammadiyah.

“Alhamdulillah ada kerjasama dan niat yang sama untuk mengadakan kegiatan kuliah umum dan peluncuran buku ensiklopedia jilid II Buya Hamka yang tempat penyelenggaraannya di Perguruan Thawalib Padang panjang,” ujarnya.

Dijelaskan Budi Johan, kegiatan tersebut tidak terlepas dari hubungan historis yang mana Perguruan Thawalib merupakan tempat sekolah alm Buya Hamka dan salah tokoh pendiri Perguruan Thawalib adalah ayah dari Buya Hamka yakni Dr Abdul Karim Amrullah atau yang dikenal dengan sebutan Inyik Rasul.

Atas bangunan historis tersebut PSBH Uhamka yang menerbitkan buku ensiklopedia jilid II Buya Hamka memutuskan peluncuran buku bertempat di Perguruan Thawalib Padang panjang.

Kegiatan kuliah umum tersebut akan dihadiri langsung oleh rombongan dari Uhamka Jakarta serta para undangan lainnya. (*)

Exit mobile version