Pengurus Sago Sakato Resmi Dikukuhkan, Siapkan Program Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu

SMAN 1 Payakumbuh

Pengukuhan pengurus Sago Sakato. Taufik Hidayat

HARIANHALUAN.ID – Pengurus Sago Sakato yang merupakan perkumpulan alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Payakumbuh angkatan 1971, 1972, 1973, 1974, dan 1975 resmi dikukuhkan. Salah satu program utama yang diusung pengurus baru adalah menyiapkan beasiswa ke perguruan tinggi untuk siswa kurang mampu.

“Lulusan SMAN 1 Payakumbuh itu sebanyak 80 persen diterima di perguruan tinggi negeri. Beberapa di antaranya ada yang dari keluarga kurang mampu, inilah yang akan coba kita bantu lewat program beasiswa nantinya,” kata Ketua Sago Sakato, Erman Dt Sigoto yang resmi dikukuhkan di salah satu cafe di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (21/7/2022).

Untuk menghimpun dana yang akan digunakan sebagai beasiswa, pihaknya akan memberlakukan iuran wajib bagi setiap anggota yang jumlahnya cukup banyak, beberapa di antara alumni tersebut juga sudah sukses, baik di tingkat lokal ataupun nasional.

“Dengan iuran itu, kami juga membuat peternakan sapi dan peternakan kambing. Selain itu, juga ada pengembangan kebun porang, salah satu tempatnya di Nagari Solok Bio-Bio, Kecamatan Harau ini,” kata dia.

Salah satu misi yang ingin dicapainya pada masa kepemimpinannya adalah lebih mengenalkan Sago Sakato di tengah-tengah masyarakat. “Terkait sekretariat juga sudah kita bicarakan dengan pihak sekolah. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat akan ada sekretariat di SMAN 1 Payakumbuh,” ujar Erman Dt. Sigoto.

Sebagai salah satu upaya untuk lebih mengenalkan Sago Sakato ke masyarakat, dia mengatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya itu tidak akan segan untuk terjun ke dunia politik dengan mengusung calon kepala daerah, seperti wali kota ataupun gubernur.

“Kita siap mendukung tokoh-tokoh yang memang berasal dari alumni SMAN 1 Payakumbuh. Itu menjadi salah satu program kami juga,” ucapnya. (*)

Exit mobile version