Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK Unand: Pengabdian Pada Masyarakat Menuju Kelurahan Sehat

FK Unand

HARIANHALUAN.ID – Civitas Akademika Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan tema “Peran Bidan Menuju Kelurahan Sehat dengan Masyarakat dan Generasi Sehat” pada Selasa (12/7/2022) di Masjid Quba di RT. 01 Kampung Pinang, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Data yang didapat dengan pendekatan kebidanan komunitas dan Family Oriented Midwifery Education (FOME), di antaranya masih adanya masyarakat yang pengelolaan sampah dengan dibakar, pembuangan limbah di selokan/sungai, serta masih kurangnya kesadaran PUS dalam penggunaan KB, sehingga berbagai rangkaian kegiatan dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Di antara kegiatan tersebut adalah penyuluhan terkait pengolahan sampah, limbah dan pentingnya penggunaan KB (Keluarga Berencana) pada PUS (Pasangan Usia Subur), serta pemeriksaan kesehatan.

“Setiap individu harus memiliki kesadaran sendiri dan berperan aktif dalam mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk PHBS dalam masyarakat luas adalah membuang sampah pada tempatnya, kebersihan lingkungan serta pemanfaatan perkarangan rumah,” ucap Yusrizal, yang merupakan Lurah Lambung Bukik, Kecamatan Pauh.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Rafika Oktova menyatakan, kegiatan ini dihadiri 46 masyarakat dengan melibatkan 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Preseptor Akademik dihadiri oleh Aldina Ayunda Insani, Dina Taufiah, Erda Mutiara Halida, Henny Fitria, Feni Andriani, Miranie Safaringga, Preseptor dari Puskesmas Pauh, bapak/ibu petugas dari kelurahan dan kader kesehatan Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh.

Peserta pada kegiatan ini sangat antusias, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya maupun menjawab pertanyaan saat penyuluhan, serta terjalinnya komunikasi yang efektif selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan kegiatan posyandu dan bekerja sama dengan organisasi amal Ahsan Care melalui program Ahsan Peduli Kesehatan (Apelkes), sehingga pihak Puskesmas Pauh yang saat ini dihadiri oleh Fahmil Khalis menyatakan kesinambungan kegiatan saat ini antara puskesmas, dengan program kampus mampu mengoptimalkan tujuan bersama, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dengan peduli terhadap lingkungan yang bersih dan sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, peduli kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan serta menyukseskan kegiatan posyandu.

Pada akhir kegiatan, sebagai bentuk pemberdayaan anak-anak Kelurahan Lambung Bukit dan meningkatkan minat baca dan literasi, maka pihaknya juga mengadakan pojok baca. Kelurahan juga telah memfasilitasi wifi gratis dan tempat untuk ruang pojok baca tersebut.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada para donatur yang telah memberikan bantuan berupa buku, dana dan fasilitas lainnya. Semoga seluruh rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dan pojok baca ini dapat terus berlanjut dengan adanya rasa peduli bersama,” tutur ketua kegiatan Fannysia Halim. (*)

Exit mobile version