Camat Kuranji Terima 43 Mahasiswa KKN Tematik Unes Padang

Unes

Kelompok 42 di Kelurahan Kuranji berfoto di Kantor Camat Kuranji, Selasa (2/8/2022). Fardianto

HARIANHALUAN.ID – Universitas Ekasakti (Unes) Padang secara resmi menyerahkan 43 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun Akademik (TA) 2021/2022 kepada pihak Pemerintah Kecamatan Kuranji.

Penyerahan mahasiswa KKN ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Camat Kuranji, Selasa (2/8/2022). Penyerahan ini sekaligus menandai dimulainya KKN Tematik Tahun 2022 yang akan dilaksanakan sampai tanggal 31 Agustus mendatang.

Penyerahan peserta KKN dilakukan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) KKN Mahmud, dan diterima oleh Sekretaris Kecamatan Kuranji, Rio Ebu Pratama. Hadir dalam acara serah terima ini, Lurah Kuranji dan Lurah Gunung Sarik, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelurahan Kuranji, Maha Putri Handayani dan DPL Kelurahan Gunung Sarik, Adrian Fadly.

Korwil Mahmud mengatakan, sebanyak 43 mahasiswa ini akan mengikuti KKN Tematik selama Agustus di dua lokasi, yaitu 22 mahasiswa di Kelurahan Kuranji dan 21 Kelurahan Gunung Sarik.

“Kepada pemerintahan yang ada di Kecamatan Kuranji, kami mohon izin menempatkan mahasiswa kami di sini. Kami mohon bimbingan dan arahannya, mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dari KKN ini dapat tercapai,” katanya.

Ia berharap kehadiran mahasiswanya ini bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan di kelurahan, maupun memberikan upaya lebih terhadap pembangunan desa.

“Setiap kelompok KKN nantinya akan dibimbing oleh satu orang DPL. Oleh karena itu, kepada para DPL dan pak lurah, kami minta untuk tidak segan-segan menegur peserta KKN jika melanggar norma dan aturan,” katanya.

Kemudian kepada peserta KKN dirinya berpesan agar bisa menjaga etika selama KKN, serta fokus kepada program kerja yang akan dilaksanakan dalam rentang waktu KKN yang tidak lama ini.

“Bekerja untuk masyarakat, saling membahu-membahu serta bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua. Jaga nama baik, jaga nama keluarga, dan kampus,” ujarnya.

Mewakili Camat Kuranji, Sekretaris Camat Kuranji, Rio Ebu Pratama menyampaikan bahwa KKN merupakan satu di antara bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih serta kesan dan harapannya terkait kegiatan KKN tersebut.

“Selaku pemerintah kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus (Unes) yang memilih Kecamatan Kuranji sebagai lokasi pengabdian mahasiswa KKN. Kami terima dengan senang hati, mudah-mudahan adik-adik mahasiswa bisa diaplikasikan dalam KKN ini,” ujarnya.

Rio mengatakan bahwa Kelurahan Kuranji dan Kelurahan Gunung Sarik merupakan dua kelurahan terbesar di Kecamatan Kuranji dan dua terbanyak penduduknya.

“Daerah ini juga kental dengan adatnya dan kearifan lokal. Banyak tokoh-tokoh adat, karena merupakan nilai jual Kecamatan Kuranji. Mangkanya jalin silaturahmi dan jaga nama baik, keluarga dan kampus,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kehadiran mahasiswa KKN Unes Padang dapat membawa kemajuan kesejahteraan di wilayah Kuranji. Kemudian dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan nyata di tengah-tengah masyarakat. (*)

Exit mobile version