Rika Sarfika: Skrining Kesehatan Mental Mencegah Depresi dan Bunuh Diri

FKEP UNAND LAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI SMAN 4 PADANG

Unand

Dosen Fakultas Keperawatan Unand, Rika Sarfika saat melakukan pengabdian masyarakat di SMAN 4 Padang. IST

HARIANHALUAN.ID – Tim Pengabdian Kesehatan Masyarakat (PKM) Fakultas Keperawatan (FKep) Unand melakukan skrining kesehatan mental kepada 176 siswa SMAN 4 Padang pada 26 Juli 2022.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PKM dengan tema “PKM Remaja Peduli Kesehatan Jiwa dalam Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kesehatan Berbasis Machine Learning di SMAN 4 Padang, Sumbar”, yang didanai DRPTM Kemendikbudristek. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Hema Malini.

“Kegiatan skrining dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, dimana siswa dapat melaporkan kondisi psikologisnya menggunakan tautan link google form yang diberikan. Hasil kegiatan ini, yaitu teridentifikasinya masalah kesehatan jiwa pada siswa SMAN 4 Padang,” ujarnya.

Kegiatan skrining ini memberikan manfaat kepada siswa untuk dapat mengenal kesehatan mental dan mengetahui status kesehatan mental mereka. Selanjutnya, hasil skrining ini akan digunakan untuk menentukan rencana tindak lanjut pada kegiatan berikutnya.

“Jika ditemukan ada masalah kesehatan mental pada siswa, maka akan diberikan penanganan sebagaimana mestinya. Siswa yang tidak memiliki masalah kesehatan jiwa diupayakan untuk tetap terjaga kesehatan jiwanya melalui pemberian edukasi kesehatan,” ujar Ketua Pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan Unand, Rika Sarfika.

Lebih jauh dijelaskan Rika, kegiatan PKM ini merupakan implementasi dari kesepahaman antara SMAN 4 Padang dengan Fakultas Keperawatan, dalam menjalankan program RIKA (Remaja Peduli Kesehatan Jiwa).

Program Rika bertujuan untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap masalah kesehatan jiwa melalui pendekatan RIKA (Recognizing, Interacting, Knitting, dan Acquainting). Diharapkan dari kerja sama ini dapat membentuk kader “Remaja Peduli Kesehatan Jiwa” di SMAN 4 Padang.

“Remaja merupakan kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan mental. Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, seperti faktor remaja itu sendiri, tekanan akademik, tekanan teman sebaya, perundungan (bullying), faktor keluarga, faktor lingkungan dan permasalahan ekonomi. WHO merilis bahwa 1 dari 6 remaja mengalami masalah kesehatan mental, 10-25 persen masalah kesehatan mental yang dialami remaja merupakan golongan gangguan mental berat. Riskesdas mengungkapkan data gejala depresi dan ansietas pada remaja sebesar 6,2 persen,” katanya.

Seseorang yang mengalami depresi berat memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri (self-harm), bahkan hingga bunuh diri. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 80-90 persen kasus bunuh diri merupakan akibat dari depresi dan kecemasan yang berat. Kasus bunuh diri di Indonesia mencapai 10.000 atau setara dengan setiap satu jam terdapat kasus bunuh diri. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan dan perlu penanganan yang serius.

“Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah menyerukan kepada pemegang program kesehatan jiwa di puskesmas untuk giat melakukan skrining kesehatan mental pada semua kelompok usia, termasuk pada remaja. Skrining kesehatan mental pada remaja sangat perlu dilakukan untuk dapat mendeteksi masalah kesehatan mental pada remaja secara dini, apalagi pada kelompok risiko seperti penduduk usia remaja. Skrining ini tidak bisa dianggap remeh, karena masalah kesehatan mental yang terlambat terdeteksi bisa menyebabkan buruknya kualitas hidup hidup, gangguan belajar, berhenti sekolah, gangguan jiwa yang lebih serius dan bahkan bunuh diri,” ujarnya.

Selain itu, katanya, skrining atau pemeriksaan kesehatan mental penting dilakukan sebagai salah satu bagian dari hidup sehat, tak hanya secara fisik tapi juga psikologis. Terlebih dampak pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang menjadi lebih berisiko terkena masalah kesehatan mental, karena rasa cemas dan stres yang berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan skrining sebagai langkah efektif dalam menjaga kesehatan jiwa saat pandemi.

Kegiatan skirining ini dilakukan oleh Tim PKM Fakultas Keperawatan Unand yang diketuai oleh Dr. Ns. Rika Sarfika, M.Kep, yang merupakan dosen bagian keperawatan jiwa dan komunitas dan juga sebagai Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Fakultas Keperawatan.

Pelaksanaan skrining ini juga dibantu oleh Koordinator Lapangan Ns. Okky Adelirandy, S.Kep beserta tim PKM dari mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan (Januar Ramadhan, Gita Protesa, Atikah Azimah, Zara Aprilia, Sucika Apreliza, dan Olivia Evelin) dan mahasiswa dari Program Studi Profesi Ners (Putri Indah Permata, S.Kep., Febi Sagitaria, S.Kep., dan Ainul Fitria, S.Kep). (*)

Exit mobile version