STIKes Mercubakti Jaya Padang Laksanakan Sosialisasi Pencegahaan Stunting

STIKes Mercubakti

Tim Pengabdian Masyarakat STIKes Mercubakti Jaya foto bersama para ibu-ibu Kader Posyandu Kelurahan Kubu Marapalam. Putri Meri Yanti Pertiwi

HARIANHALUAN.ID – Tim pengabdian masyarakat STIKes Mercubakti Jaya Padang melaksanakan kegiatan bertema pelatihan metode cilukba (Cium Peluk, Asuh) untuk pencegahan stunting di Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Nila Eza Fitria selaku ketua tim pengabdian masyarakat menuturkan, kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Kubu Marapalam dilaksanakan dikarenakan memang berdasarkan informasi dari ketua TPPKK Kelurahan Kubu Malam, untuk kejadian stunting masih ada di Marapalam dan cukup tinggi yaitu empat orang pada 2020/2021.

Kemudian kegiatan stunting hadir 25 peserta kader posyandu yang ada di Kelurahan Kubu Marapalam. Pada kegiatan juga hadir tim pengabdian masyarakat STIKes Mercubakti Jaya, yaitu Nila Eza Fiteia yang merupakan ketua tim pengabdian masyarakat dan anggota tim Delvi Hamdayani, Armein Syahid.

“Jadi memang masalah stunting ini masalah bersama dan harus dilakukan pencegahannya karena untuk mengobati sudah akan sulit, tetapi memang upaya dengan pencegahan melalui kader-kader kita harapkan nanti ibu-ibu kader kita bekali pengetahuan mengenai stunting dan pencegahannya dan terlaksana,” ujarnya, Kamis (15/9/2022)

Kemudian dengan pencegahan stunting, kader-kader bisa sebagai perpanjangan tenaga kesehatan di lapangan untuk menyampaikan ke masyarakat, jadi memang pencegahan stunting dititikberatkan dimulai dari seorang perempuan sebelum menjadi ibu yaitu saat remaja.

“Pencegahan stunting dimulai dari ibu hamil dan harus dipenuhi kecukupan gizinya. STIKes Mercubakti Jaya merasa bertanggungjawab, dikarenakan kita kampus kesehatan dan melakukan upaya melalui promosi dan edukasi,” ujarnya.

Kemudian STIKes wajib melakukan Tri Darma perguruan tinggi, dengan begitu ada pendidikan, penelitian dan pengabdian dan dosen melakukan pengabdian setiap semester ikut pengabdian masyarakat tergantung permasalahan masyarakat apa yang terjadi, dan STIKes mencoba menangani dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait khususnya kesehatan.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini tentunya positif khusunya bagi Kelurahan Kubu Marapalam, melalui kader-kader posyandu. Nah dalam upaya pencegahan stunting di Kubu Marapalam. Kita berharap ibu kader-kader sudah memahami tentang cara pencegahan stunting tersebut,” ujarnya.

Kemudian selain sudah tau cara pencegahan stunting, nanti ibu-ibu dapat memberikan edukasi kepada remaja, ibu hamil dan jadi ibu sudah bisa memberi edukasi untuk pencegahan stunting tersebut. “Dan ibu-ibu kader diharapkan juga dengan pelatihan ini dapat menyusun menu gizi sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan usia,” ujarnya. (*)

Exit mobile version