SMKN 1 Berastagi Kagumi Kebersihan Kampus UM Sumbar

UM Sumbar

Dekan Fakultas Pariwisata UM Sumbar, Rozi Yuliani dan Kepsek SMKM 1 Berastagi, saling bertukar cendera mata di Kampus III By Pass Bukittinggi, Jumat (16/9/2022). Yursil

HARIANHALUAN.ID – SMK Negeri 1 Berastagi, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), mengunjungi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) dalam rangka studi banding di Kampus III By Pass Aur Kuning, Bukittinggi, Jumat (16/9/2022).

Kedatangan rombongan sebanyak 43 orang yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan disambut Dekan Fakultas Pariwisata beserta jajaran di aula kampus.

Dekan Fakultas Pariwisata UM Sumbar, Rozi Yuliani mengatakan, sebelum kunjungan ini pihaknya telah dua kali mengunjungi SMKN 1 Berastagi di Sumut. Dan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan.

“Pada 2021, kami mendapatkan amanah dari Kemendikbud RI khususnya Dirjen Fokasi untuk mendampingi SMKN 1 Berastagi,” kata Rozi.

Menurut Rozi, SMKN 1 Berastagi salah satu sekolah yang mendapatkan dana hibah sebesar Rp2 miliar dari Dirjen SMK untuk pengembangan SDM dan labor praktek SMKN 1 Berastagi.

Selain mendampingi SMKN 1 Berastagi, Fakultas Pariwisata UM Sumbar juga mendampingi empat SMK lainnya. Salah satunya SMKN 3 Pekanbaru.

“Pendampingan di SMKN 1 Berastagi ini dimulai Juli hingga Desember mendatang. Tahun lalu, juga kita didampinggi sekolah ini selama enam bulan juga,” ujar Rozi.

Ia berharap setelah pendampingan ini, lulusan SMKN 1 Berastagi nantinya dapat bekerja dan berwirausaha dengan baik, serta dapat melanjutkan pendidikan ke Fakultas Pariwisata seperti di UM Sumbar.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Berastagi, Kelion Depare mengatakan, sangat bangga dan salut terhadap UM Sumbar. Sebab, kampus ini merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia.

“Selain kampus tertua, kampus ini sangat bersih dan nyaman, ini perlu kami contoh dan terapkan di sekolah kami. Tapi kami lihat di seluruh wilayah Sumbar selalu menjaga kebersihan,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengagumi semangat dan program kerja kampus ini, sehingga mampu terpilih menjadi pendamping SMK pusat unggulan. “Ini perlu juga kami belajar ke UM Sumbar,” katanya lagi.

Ia menambahkan, selain mengunjungi UM Sumbar pihaknya juga akan berkunjung ke SMK Ampek Angkek. Studi banding ke Sumbar tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 15 hingga 19 September 2022.

Diakhir pertemuan, kedua belah pihak saling bertukar cendera mata dan oleh-oleh. Pihak SMKN 1 memberikan oleh oleh berupa jeruk Berastagi, sedangkan kampus memberikan kerupuk sanjai sebagai oleh-oleh khas Bukittinggi. (*)

Exit mobile version