Solok Selatan Realisasikan Program Seragam Sekolah Gratis

seragam sekolah gratis

Bupati Solok Selatan, Khairunas menyerahkan secara simbolis seragam sekolah gratis di SMPN 14 Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (20/9/2022). Kiki Nofrijum

HARIANHALUAN.ID – Mendorong pencapaian misi pertama Kabupaten Solok Selatan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menyerahkan pakaian seragam sekolah gratis kepada murid baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kecamatan Sangir di SMPN 14 Sangir, Solok Selatan, Selasa (20/9/2022).

Bupati Solok Selatan, Khairunas menjelaskan, bahwa penyerahan seragam sekolah gratis ini merupakan pelaksanaan program tahap 1 di Tahun 2022. Program seragam sekolah gratis tersebut merupakan program unggulan Kabupaten Solok Selatan dalam merealisasikan visi dan misi pertama Kabupaten Solok Selatan.

“Program ini merupakan bentuk komitmen kita sebagai Pemkab Solok Selatan, dalam merealisasikan visi dan misi kita yang salah satunya kita tuangkan ke dalam program unggulan kita penyerahan seragam sekolah gratis bagi siswa baru,” ujarnya.

Adapun penyerahan seragam sekolah gratis tersebut, akan dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk SD dan SMP se-Solok Selatan sendiri, ada sebanyak 5.282 seragam sekolah yang akan diserahkan. Ditahap pertama, sebanyak 2.839 siswa Kecamatan Sangir yang akan mendapatkan seragam sekolah gratis. Selanjutnya akan dilakukan di kecamatan lainnya bagi siswa baru SD dan SMP lainnya.

Kemudian dalam programnya sendiri, Pemkab Solok Selatan akan merealisasikan pemberian seragam sekolah gratis bagi seluruh siswa baru di jenjang SD hingga SLTA dan MA. Hanya saja, untuk pelaksanaan di jenjang SLTA dan MA, pengurusannya dilakukan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Melalui Pemkab Solok Selatan, bupati mengharapkan pelaksanaan program seragam sekolah gratis ini dapat membantu meringankan beban orang tua dan akan menjadi motivasi bagi anak-anak untuk meningkatkan kompetensi pendidikannya.

Sebab, pentingnya pendidikan adalah sebagai bentuk mewujudkan generasi penerus yang akan berperan untuk memajukan Kabupaten Solok Selatan, sehingga kedepannya program penyerahan seragam sekolah gratis ini harus tetap berlanjut.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria juga menyampaikan, bahwa program seragam sekolah gratis ini merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya. Di tahun ini, Pemkab Solok Selatan menambah jumlah siswa penerima hingga jenjang SLTA dan MA.

“Ini program prioritas Pemkab Solok Selatan yang harus kita wujudkan dengan sebaik-baiknya. Di tahun ini kita telah memulai penyerahannya secara bertahap di masing-masing kecamatan. Untuk selanjutnya akan kita langsungkan ke Kecamatan KPGD dan seterusnya ke kecamatan lain,” katanya. (*)

Exit mobile version