Ciptakan Alat Pencetak Kerupuk Jengkol dan Melinjo, Siswa SMAN 2 Pariaman Masuk Final Lomba TTG Tahun 2022

SMAN 2 Pariaman

Siswa SMAN 2 Pariaman foto bersama usai presentasi lomba TTG tingkat nasional di Balaikota Pariaman, Rabu (21/9/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Siswa di Kota Pariaman berhasil menciptakan alat pencetak kerupuk jengkol dan melinjo model tuas (Ancak Jeng Meli) dan berhasil masuk final penilaian lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional Tahun 2022.

Dimana Kota Pariaman satu-satunya yang mewakili Provinsi Sumbar masuk tingkat nasional yang merupakan karya siswa SMAN 2 Pariaman, yakni Razif Putra Dewilson, Foura Putri Dealini dan Sabrina Oktavia.

“Semoga hasil karya TTG ini, bisa digunakan oleh masyarakat yang memproduksi emping melinjo dan jengkol,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Pihaknya mendukung penuh karya yang dihasilkan oleh siswa di Pariaman yang telah berhasil masuk mewakili Sumbar dalam ajang tingkat nasional.

“Kalau mendapat juara di tingkat nasional, maka kita jadikan sample serta membuat produk massal untuk Kota Pariaman,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu perancang alat Ancak Jeng Meli, Razif Putra Dewison mengatakan bahwa ia sangat senang dan bahagia sekali, karena tim juri sangat mengapresiasi bahkan lembaga-lembaga di Kota Pariaman, yakni DPMDes, Dinas Pendidikan dan Wali Kota  Pariaman mendukung dan telah menyediakan tempat bahkan segala persiapan dipenilaian TTG kategori unggulan di Kota Pariaman tingkat nasional.

“Ancak Jeng Meli merupakan sebuah alat pencetak keripik jengkol dan melinjo yang bertujuan untuk mempermudah para UMKM lebih tepatnya para ibu-ibu yang melakukan pencetakan kerupuk jengkol dan melinjo,” katanya.

Razif Putra Dewison juga menjelaskan, alat tersebut berguna untuk membantu mencetak kerupuk jengkol dan melinjo dengan waktu lebih singkat, hasil pencetakan lebih rata, biaya rendah dan mudah dibuat serta dipergunakan.

“Semoga alat tersebut dapat meningkatkan pendapatan keluarga, pendapatan daerah dan bahkan pendapatan negara. Kami juga berharap bisa juara tingkat nasional,” katanya. (*)

Exit mobile version