540 Mahasiswa Politani Payakumbuh Diwisuda

Politani Payakumbuh

Prosesi wisuda Politani Payakumbuh, Sabtu (24/9/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh melepas sebanyak 540 wisudawan lulusan program diploma dan sarjana terapan dalam wisuda 2022 di Gedung Serba Guna Politani Payakumbuh, Sabtu (24/9/2022).

Jumlah tersebut terdiri dari program diploma sebanyak 432 orang dan sarjana 108 orang. Mereka tersebar pada beberapa jurusan, yakni Jurusan Budi Daya Tanaman Pangan, Budi Daya Tanaman Perkebunan, dan Teknologi Pertanian.

“Selamat atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi. Ini adalah kado bagi para orang tua, karena melihat putra-putrinya telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan kebahagiaan bagi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan telah berhasil mengantarkan saudara sampai tahap akhir pendidikan,” kata Direktur Politani Payakumbuh, Jhon Nefri.

Ia berpesan kepada para wisudawan yang akan memasuki episode baru dalam kehidupan serta tanggungjawab baru untuk menunjukkan sumbangsih di tengah masyarakat melalui ilmu dan kompetensi yang diperoleh selama menempuh pendidikan di Politani Payakumbuh.

“Kehidupan yang sebenarnya telah berada di depan mata dan telah menanti. Setelah ini saudara akan mempunyai tanggungjawab yang lebih besar lagi dalam kehidupan, yakni memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dengan ilmu dan kompetensi yang dimiliki. Saya berharap tetap memberikan usaha yang terbaik, agar dapat menjadi pribadi yang sukses di masa depan,” ujarnya.

Disebutkannya, 540 wisudawa tersebut dari program diploma tiga dengan gelar AMd dan program sarjana terapan gelarnya STr menjadi lulusan yang kompeten di bidang disiplin ilmunya.  

Pihaknya berharap wisudawan sesuai dengan harapan masyarakat, bangsa, dan negara, serta dapat menjadi pendukung bagi Politani Payakumbuh untuk mencapai visi kampus, menjadi perguruan tinggi vokasional bidang pertanian yang berdaya saing internasional pada 2040, serta mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Mulai besok saudara adalah alumni yang akan jadi ikon Politani Payakumbuh. Saudara adalah cerminan almamater, segala bentuk kiprah akan menentukan nama baik kampus ini,” ujarnya.

Jhon Nefri menyebut, era revolusi industri 4.0 dimana era digital, teknologi berkembang pesat dan sumber daya manusia dianggap sebagai faktor utama untuk mendukung keberhasilan sebuah negara. Selain itu, pandemi Covid-19 seperti memperlancar era revolusi industri 4.0.

Untuk itu, katanya, seluruh perkembangan dan kemajuan yang terjadi jangan sampai hanya menjadi penonton.

“Untuk itu, kami berharap kepada lulusan Politani Payakumbuh menjadi SDM lokal yang kompeten seiring dengan usaha pihak kampus untuk terus meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran baik dari segi akademik, SDM dan sarana prasarana,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihak kampus mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah memberikan kepercayaan Politani Payakumbuh untuk mendidik putra putrinya. (*)

Exit mobile version