Ketua Kwarcab Tanah Datar Richi Aprian Lepas 96 Peserta KKPM Tingkat Sumbar

Kwarcab Tanah Datar

Ketua Kwarcab Pramuka 04 Tanah Datar, Richi Aprian saat melepas keberangkatan peserta KKPM tingkat Sumatra Barat, Selasa (27/9/2022). Emrizal

HARIANHALUAN.ID – Ketua Kwarcab Tanah Datar, Richi Aprian melepas keberangkatan peserta Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) tingkat Sumatra Barat (Sumbar).

Saat melepas 96 peserta KKPM di halaman MTsN 6 Tanah Datar, Richi berharap untuk membawa baik wilayah Luhak nan Tuo dalam ajang kegiatan kemah karya tersebut. 

“Tantangan ke depan tidak mudah, perkembangan zaman yang semakin modern harus bisa dibendung, agar tidak terjebak dalam berbagai perbuatan negatif,” kata Richi, Selasa (27/9/2022). 

Richi berharap, peranan pramuka dalam menyikapi perkembangan zaman mampu mempersiapkan generasi masa depan yang semakin maju.

“Anggota pramuka dituntut memberikan contoh dengan menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap diri sendiri, menjalankan kewajiban beragama, antar sesama dan negara, yang tertuang dalam Dasa Darma dan Trisatya Pramuka,”  ujarnya. 

Menurut Richi, dengan adanya kegiatan KKPM diharapkan kepada semua peserta mampu memanfaatkan momentum untuk mengembangkan kemampuan diri, belajar mengatasi tantangan, mempraktikan keterampilan yang dipelajari, berbaur dengan baik antar sesama anggota pramuka dari seluruh kabupaten/kota lainnya. 

“Raihlah prestasi sebanyak mungkin tanpa menghilangkan jati diri, jaga nama baik keluarga, sekolah  dan daerah, dengan menjadi insan pramuka sejati. Seluruh pembina dan pengurus, agar saling berkoordinasi dan kolaborasi, menjadikan Pramuka 04 Tanah Datar semakin baik kedepannya,” tutur Richi. 

Ketua Kontingen Sabrimen mengatakan, peserta terdiri peserta Madrasah Ibtidaiah (MI) 20 orang, peserta Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 32 orang ,peserta Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 32 orang, serta pendamping sebanyak 12 orang.

“Kegiatakan dilaksanakan pada 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Asrama Haji Embarkasi Padang di Padang Pariaman. Dimana para peserta akan mengikuti tujuh perlombaan, yakni lomba tapak perkemahan, tahfizh, pentas seni, menanam pohon, PBB, Madrasah Expo khusus madrasah dan lomba khutbah dan pidato khusus untuk madrasah,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Tanah Datar, Syahrul menyampaikan, kegiatan KKPM memang bertujuan untuk menggembleng siswa untuk menjadi lebih terampil dan berkarakter kuat. 

“Dengan kegiatan kepramukaan ini diharapkan lahir generasi muda yang mempunyai kepribadian bertanggungjawab yang adaptif, inovatif dan kreatif yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman,” katanya. (*)

Exit mobile version