UM Sumbar Gelar Masta Bagi Mahasiswa Baru

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 1.184 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 Universitas Muhammadyah (UM) Sumbar mengikuti Masa Ta’aruf (MASTA) atau lebih dikenal dengan masa pengenalan kampus di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA kampus I Padang, Senin (26/9/2022).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UM Sumbar, Riki Saputra. Dalam sambutannya, Riki Saputra mengatakan, MASTA kali ini dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dan diikuti mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi, seperti Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.

“Selamat datang generasi muda sang pencerah, selamat datang di kampus yang akan mencetak pemimpin umat dan bangsa,” kata Riki Saputra.

Rektor muda ini berpesan agar mahasiswa yang akan berhasil di masa depan, akan ditentukan mulai hari ini. Sebagai mahasiswa UM Sumbar manfaatkan masa kuliah untuk survive, bangkit, sebab mahasiswa merupakan agent of change.

Maka dituntut mengedepankan pemikiran rasionalitas dan pemikiran-pemikiran yang ada nilai manfaat untuk masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM Sumbar, M. Abdi menambahkan, dalam kegiatan tersebut dilakukan pengenalan kampus oleh Wakil Rektor I, II dan III. Kemudian pengenalan lembaga kemahasiswaan dan atraksi pengenalan bakat oleh mahasiswa.

“Setelah pembukaan MASTA oleh rektor. Acara MASTA selanjutnya dilakukan  ditingkat fakultas masing-masing mulai hari ini hingga tanggal 1 Oktober 2022,” ujarnya.

Ia meminta setiap mahasiswa harus mengikuti MASTA ditingkat fakultas. Sebab, diacara itu akan mengenal secara spesifik tentang fakultas, serta pengenalan program studi masing-masing.

“Acara MASTA ditingkat fakultas menjadi tanggungjawab dekan dan dosen di masing-masing fakultas,” kata M. Abdi.

Ketua panitia Masta, Ilham mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah pengenalan kepada mahasiswa baru tentang persyarikatan Muhammadiyah dan memahami lingkungan kampus, serta saling beradaptasi antar sesama mahasiswa baru di lingkungan UM Sumbar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Aisyiyah, Badan Pembina Harian UM Sumbar, Ketua Senat UM Sumbar, Direktur Pasca Sarjana, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua Unit Pelaksana Teknis, Lembaga Kemahasiswaan tingkat
Universitas, serta Ortom Muhammadiyah.(*)

Exit mobile version