Dengan dukungan UNFPA, Departemen Kebidanan FK Unand Gelar Workshop Antenatal Class, dalam Rangka Center of Excellent

FK Unand

HARIANHALUAN.ID – Pada 2021, Program Studi (Prodi) Kebidanan, Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) terpilih sebagai salah satu Center of Excellent Pendidikan Kebidanan.

Center of Excellence (CoE) merupakan suatu program yang dibina oleh Direktorat Penyediaan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, melalui program kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan United Nations Population Fund (UNFPA) dan Global Affairs Canada (GAC), dalam upaya mencetak pendidikan kebidanan yang berkualitas tinggi.

Dukungan penuh dari Fakultas Kedokteran Unand terhadap kegiatan ini baik moril maupun materil. Workshop saat ini bertemakan “Everything a Midwife Needs to Know to Assist Expectant Mothers In Antenatal Class“ secara online pada 18-20 Juli 2022.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Dekan FK Unand, Afriwardi, sekaligus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja keras Prodi Kebidanan FK Unand yang juga tidak terlepas dari dukungan AIPKIND dan IBI, sehingga rangkaian kegiatan CoE ini dapat terlaksana hingga pada beberapa workshop ini.

Workshop kali ini terkait antenatal class dengan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah memperdalam pengetahuan penyedia layanan terkait item pada pelayanan di antenatal class dan adanya acuan dalam pelaksanaan pemberian asuhan di antenatal class, yang memperhatikan faktor fisik maupun psikologis dari tahapan kehamilan.

Kegiatan digelar secara online diikuti sebanyak lebih kurang 90 orang peserta yang hadir meliputi Dekan FK Unand, Ketua IBI Pusat, Ketua APIKIND, perwakilan UNFPA, Kemenkes RI, perwakilan Pemerintah Canada, Dosen Prodi Kebidanan FK Unand, serta undangan dari berbagai institusi, seperti BKKBN Provinsi Sumatra Barat dan Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang dan Provinsi Sumatra Barat, Bundo Kanduang Sumatra Barat, Perwakilan RS Unand, preseptor puskesmas wilayah Kota Padang, preseptor dari praktik mandiri bidan wilayah Sumatra Barat, serta mahasiswa kebidanan dan alumni baik S1, dan S2 Kebidanan.

Ketua Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand, Yulizawati mengatakan, bahwa workshop ini merupakan serangkaian kegiatan CoE yang akan diselenggarakan ke depan. Tujuan dari kegiatan workshop antenatal class ini adalah menghasilkan seorang tenaga dan modul yang akan digunakan pada pelaksanaan pelayanan ANC, yang bersinergi dengan program kegiatan Klinik Pratama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melalui layanan midwifery care.

Ketua panitia workshop, Aldina Ayunda Insani menyampaikan bahwa acara ini diisi oleh banyak narasumber dalam negeri. Sebagai narasumber di hari pertama, yaitu Bidan Tantri Setyorini dengan mengusung materi tentang “Smile Prenatal Yoga dan Marketing strategy of midwifery care for millenials: Branding, Networking, and Social Media”, narasumber kedua Ratna Sari (Kasi Kesga Dinas Kesehatan Kota Padang) dengan materi tentang “Dukungan Dinas Kesehatan dalam Pelaksanaan Antenatal Class”, dan narasumber ketiga Dwiana Ocviyanti dengan tema “Pendidikan Prenatal dan Pemanfaatan Buku KIA”.

Pada hari kedua dilanjutkan oleh narasumber Rose Mini dengan materi yaitu “Mengatasi Trauma Inner Child untuk Pengasuhan yang Efektif”, Arina Widya Murni dengan materi Parent Craft Education dan Sibling Rivalry, Yusrawati dengan materi “Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi”, Yetty L. Irawan dengan materi “Evidence Based of Midwifery dalam Kehamilan”.

Dan hari ketiga dengan Nur Indrawaty Lipoeto dengan materi “Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan”, Dini Octavia Kusuma Wardani dengan materi “Optimalisasi Antenatal Class oleh Bidan”, dan Tia Pratigno, CD/CCE (BWI) dengan materi “Antenatal Class (Belly Mapping, Belly Painting, Birth Plan)”.

Antusias dan partisipasi dari narasumber dan peserta pada kegiatan ini terlihat dari diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan aktif. Dosen perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, agar mampu memberikan pelayanan antenatal yang berkualitas melalui kelas ibu hamil.  (*)

Exit mobile version