Siswa MAN 1 Bukittinggi,  Rahma Arifah Wàkili Sumbar ke Nasional Lomba Kompac

Siswa MAN 1 Bukittinggi Rahma Arifah

Siswa MAN 1 Bukittinggi Rahma Arifah

HARIANHALUAN.ID – Rahma Arifah, siswa MAN 1 Bukittinggi mewakili Sumbar dalam Kompetisi Pelajar Alef Education (Kompac) Bahasa Arab tingkat nasional yang akan berlangsung, Rabu (26/10/2022).

Rahma, siswi kelas XII PK mewakili provinsi Sumbar, setelah meraih juara satu dalam Kompac, bidang Mata Pelajaran Bahasa Arab yang diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Agama RI dengan Alef Education Abu Dhabi-UEA.

Kompac adalah sebuah kompetisi tingkat nasional untuk para pelajar MTs dan MA se-Indonesia pada bidang yang dilombakan, seperti Matematika (kelas 7 dan 8 MTs), serta Bidang Bahasa Arab (kelas 7-9 MTs dan kelas 10-12 MA).

“Kegiatan itu diselenggarakan dengan dua tahap. Untuk tahap penyisihan dilaksanakan pada 19 Oktober lalu, dan tahap final akan dilaksanakan tanggal 26 Oktober (hari ini),” kata Meri Hayati, guru pembimbing Bahasa Arab MAN 1 Kota Bukittinggi.

Menurutnya, peserta didik MAN 1 Bukittinggi yang mengikuti kompetisi Bahasa Arab berjumlah 10 orang. Dalam proses pendaftaran, guru pembimbing harus mendaftarkan akun pendaftaran. Setelah itu, peserta didik yang akan mengikuti baru bisa membuat akunnya masing-masing.

Sebelum pendaftaran, peserta harus menyelesaikan beberapa tahap, yaitu siswa harus mencantumkan kartu pelajaran pada platform Alef Education. Setelah itu, siswa  diminta mengikuti Instagram akun Alef dan barulah siswa di tahap selanjutnya bisa mendaftar dan terdaftar di akun Alef.

“Dari 10 siswa yang mengikuti kompetisi Bahasa Arab ini. Alhamdulillah, Rahma Arifah siswa kelas XII PK meraih juara 1 dalam kompetisi mata pelajaran Bahasa Arab dan berhak melaju kebabak final tingkat nasional,” ujarnya.

Terpisah, Kepala MAN 1 Bukittinggi, Irsyad  mengaku senang dan bangga dengan prestasi siswinya. “Prestasi ini membuktikan bahwa kalau bersungguh-sungguh, Insyaallah kita bisa meraihnya. Kepada Rahma dan guru pembimbing, selamat berjuang ditingkat nasional dan semoga meraih juara,” tuturnya. (*)

Exit mobile version