150 Pelajar Tingkat SMA/MA Se-Tanah Datar Laksanakan Olimpiade Sosiologi

HARIANHALUAN.ID – Sekitar 150 pelajar tingkat SMA/MA se-Tanah Datar melaksanakan Olimpiade Sosiologi Tanah Datar I (OSTD) di Aula SMAN 1 Sungayang, Rabu (2/10/2022).

Agenda Olimpiade Sosiologi perdana diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Soliologi Tanah Datar.

Keikutsertaan para pelajar dalam ajang itu juga didampingi guru pembimbing sekolah masing-masing siswa.

Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Sumatra Barat, Asricum usai pembukaan olimpiade itu menyebutkan bahwa sesuai konsep kurikulum merdeka, materi tentang ilmu-ilmu sosial yang diperoleh siswa dari masyarakat di domisili pelajar masing-masing akan diolah di sekolah, kemudian dikembalikan ke masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita coba kumpulkan guru sosiologi di wilayah Sumbar IV, nanti diharapkan instrumen alat ukur yang diperlombakan siswa pada olimpiade ini bisa dikembangkan. Masing-masing sekolah sampai tujuh tim mengirim peserta dan ini cukup diminati siswa,” katanya.

Ke depan, Asricum mengharapkan, SMAN 1 Sungayang sebagai sekolah yang memiliki aula terbesar yang mampu menampung hingga seribu orang itu, bisa kembali menjadi tuan rumah penyelenggara olimpiade tingkat lanjutan.

“Selama ini olimpiade itu hanya mengenal Sains, IPA dan Matematika. Kini di Tanah Datar menggelar Olimpiade Sosiologi, bila pada lomba itu muncul instrumen, ini menjadi pengayaan pada masyarakat nantinya. Jika kesepakatan MKKS awal 2023 nanti kembali olimpiade dilaksanakan, kita akan dukung lagi lomba ini dan diupayakan untuk kapasitas lebih besar lagi,” katanya.

Penyelenggara olimpiade, Arein Novia Fatmarini juga menyebutkan bahwa olimpiade sosiologi itu berhasil digelar atas kebersamaan dan kesepakatan para guru sosiologi jenjang pendidikan tingkat SLTA di Tanah Datar.

“Siswa diberikan soal-soal yang ditentukan tim dan akan menyelesaikan jawabannya sesuai waktu yang juga ditentukan. Siswa juga dibagi kelompoknya atau dibentuk tim untuk merumuskan materi yang dilombakan,” ujarnya. (*)

Exit mobile version