Direktorat Pendidikan Islam Kemenag RI Lakukan Monev EMIS di MTsN 1 Padang

MTsN 1 Padang

HARIANHALUAN.ID – Merapikan dan menvalidkan data Education Management Information System (EMIS) madrasah, petugas dari Direktorat Pendidikan Islam Kemenag RI, Faisal Aziz Rahman melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di MTsN 1 Padang, Kamis (3/11/2022).

Kedatangan Faisal didampingi Admin EMIS Kanwil Kemenag Sumbar, Taslim Perdana dan disambut oleh Kepala Madrasah Isrizal, Plh. Kaur TU Suhelri, Wakil Kurlikulum Idra Putri, Wakahumas Dafril, dan Operator EMIS Silvia Krismonika.

Faisal mengatakan, tujuan Monev EMIS untuk melihat, memantau dan memastikan langsung data siswa madrasah lengkap, update dan sinkron dengan data di Kemenag RI.

Monev juga untuk merangkum permasalahan dan kendala dalam proses pendataan EMIS. Menampung aspirasi dan keluhan operator EMIS madrasah untuk diberikan solusi jika ada kendala.

“EMIS adalah aplikasi untuk basis data siswa madrasah yang terhubung langsung dengan database Kementerian Agama pusat. Data di aplikasi ini menjadi basis dalam pengambilan kebijakan kegiatan di lingkungan Kementerian Agama, antara lain bantuan dana BOS, data ujian, pengusulan program Indonesia Pintar dan lainnya,” ujar Faisal.

Faisal mengapresiasi Operator EMIS MTsN 1 Padang, Silvia Krismonika yang telah mengelola data dengan cukup rapi, tertib dan tertata rapi.

Faisal Aziz Rahman yang bertugas pada bagian data Sistem  Informasi dan Humas Kemenag RI itu mengatakan, pihaknya akan langsung mengeksekusi, mengatasi dan memberikan solusi setiap masalah yang ditemukan saat monev.

Kepala MTsN 1, Isrizal berharap pascamonev pengelolaan EMIS di madrasah yang ia pimpin akan lebih rapi, valid dan profesional.

“Fungsi monitoring dan evaluasi, menentukan apakah tindakan administrator, opetator dan semua pihak terlibat mengikuti standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Monitoring menetapkan apakah sumber dan layanan yang diperuntukkan bagi pihak tertentu telah tercapai sesuai target dan kebutuhan,” kata Isrizal. (*)

Exit mobile version