Difasilitasi Dinkes Kota, Politeknik ATI Padang Sukses Laksanakan Vaksinasi Booster 

Politeknik ATI Padang  sukses menyelenggarakan Kegiatan Vaksinasi Booster “Pemberian Vaksin Dosis Lanjutan (Booster) bagi seluruh civitas akademika Politeknik ATI Padang”.

HALUANNEWS, PADANG – Vaksinasi dosis lanjutan (Boster) berjalan lancar di kampus Politeknik ATI Padang. Vaksinasi terealiasi dengan capaian 174 orang peserta.

“Alahamdulillah, vaksin boster lancar. Kegiatan kita laksanakan dilaksanakan  pada 16 Maret 2022 di Aula Maigus Ma’ruf  Politeknik ATI Padang,” ujar Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edward.

Pelaksanaan vaksin lanjutan tersebut berdasarkan Edaran Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Surat edaran ditujukan kepada dinas kesehatan provinsi, kabupaten, dan direktur rumah sakit di Indonesia untuk melaksanakan vaksinasi booster. Surat Edaran tersebut bernomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis primer lengkap, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Pada kesempatan Vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Padang menunjuk Puskesmas Dadok Tunggul Hitam, Puskesmas Anak Air dan Puskesmas Lubuk Buaya sebagai vaksinator Vaksin Dosis Lanjutan.  

Kegiatan Vaksinasi dibuka secara resmi oleh unsur pimpinan Politeknik ATI Padang yang diwakili oleh Oktrison, MT.

Dalam Sambutannya Oktrison yang juga selaku Kepala Subag Umum dan Kepegawaian mengatakan kegiatan tersebut sangat penting, dan betul betul dibutuhkan dalam ikhtiar menjaga imunitas tubuh ditengah masih tingginya angka penyebaran Covid-19.

Oktrison juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Padang atas kemudahan administrasi, akses informasi vaksin serta fasilitasi yang diberikan dalam pelaksanaan Vaksin Booster bagi Politeknik ATI Padang.”

“Dalam rangka supporting terhadap program pemerintah serta memperkuat imunitas, Politeknik ATI Padang ingin menuntaskan Kegiatan Vaksinasi yang menjadi Program Pemerintah ini “ujar Oktrison Kepada Haluan (16/03/2022).

“Vaksinasi Booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan, setelah diteliti ternyata setelah 6 bulan antibody itu akan turun dengan sendirinya, untuk itu diperlukan dosis lanjutan untuk memperkuat imunitas” ujar dr.Hasnal Laily Yarza, salah seorang Tim Dokter Vaksinator (Dokter Umum Puskesmas Dadok Tunggul Hitam kepada Haluan (16/3/2022).

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya

“Jenis vaksin yang digunakan antara lain, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac maka diberikan vaksin AstraZeneca, separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis (0,15 ml). Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis(0,15 ml)”, ujar dr.Hasnal. (FA)

Exit mobile version