Realisasi Program Unggulan, Pemkab Solok Selatan Bagikan Seragam Sekolah Gratis

Pemkab Solsel

Bupati Solok Selatan, Khairunas beserta jajaran menyerahkan seragam sekolah gratis kepada siswa secara simbolis di SMPN 6 Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan, Selasa (8/11/2022). Kiki Nofrijum

HARIANHALUAN.ID – Realisasikan program unggulan pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan kembali menyerahkan bantuan seragam gratis bagi murid baru SD dan SMP di SMPN 6 Lubuk Malako, Solok Selatan, Selasa (8/11/2022).

Adapun bantuan seragam sekolah gratis diberikan kepada murid SD dan siswa SMP se-Kecamatan Sangir Jujuan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria menjelaskan bahwa penyerahan seragam gratis bagi siswa SD dan SMP di Kecamatan Sangir Jujuan ini merupakan kecamatan ketiga dari realisasi penyerahan seragam sekolah gratis oleh Pemkab Solok Selatan.

“Melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, kita telah merealisasikan penyerahan seragam sekolah gratis untuk ketiga kalinya. Seragam sekolah gratis yang kita serahkan ini terdiri dari dua macam seragam, yaitu seragam sekolah merah putih bagi SD, biru putih bagi SMP dan seragam pramuka,” katanya.

Adapun seragam sekolah yang diserahkan, sambung Syamsuria, terdapat sebanyak 351 seragam sekolah yang dibagikan untuk sekolah di Kecamatan Sangir Jujuan ini. Rinciannya, untuk SD terdapat 12 sekolah dengan jumlah seragam yang dibagikan sebanyak 219 seragam, dan untuk SMP terdapat empat sekolah dengan jumlah seragam yang dibagikan sebanyak 132 seragam.

“Seragam ini kita tuntaskan penyerahannya hari ini karena semua sekolah yang mewakili kita datangkan pada satu tempat saja. Selanjutnya untuk penyerahan seragam sekolah, Insyaallah beberapa hari lagi akan dilaksanakan di Kecamatan Sangir Balai Janggo berdasarkan jadwal yang disesuaikan,” katanya menjelaskan.

Kemudian untuk seragam sekolah bagi siswa madrasah Solok Selatan, pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan juga sedang melakukan persiapan, karena penyerahan seragam sekolah ke madrasah melalui koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan yang menaungi langsung sekolah madrasah itu sendiri.

Bupati Solok Selatan, Khairunas juga menyampaikan bahwa penyerahan seragam sekolah gratis merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Solok Selatan, terhadap realisasi peningkatan SDM Solok Selatan di bidang pendidikan.

“Ini bentuk komitmen kita selaku Pemkab Solok Selatan dalam merealisasikan visi dan misinya terkait penyerahan seragam sekolah gratis ini. Semoga penyerahan ini tidak hanya berguna bagi pendidikannya saja, namun juga turut membantu meringankan beban orang tua dalam menyekolahkan anaknya,” katanya.

Melalui penyerahan seragam sekolah tersebut, ia juga mengharapkan kompetensi guru dan siswa juga akan berbanding lurus dengan upaya-upaya mencapai program kegiatan dan target sekolah nantinya. Sebab, pendidikan menjadi tolak ukur bagi percepatan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

“Pembangunan daerah yang baik itu karena kemampuan SDM-nya. Jadi kita memprioritaskan pendidikan sebagai progul Pemkab Solok Selatan, agar perwujudan dan peningkatan SDM yang unggul dan berkarakter benar-benar dapat kita capai bersama, melalui kerja sama kita dengan seluruh pihak untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Bupati Solok Selatan itu mengharapkan. (*)

Exit mobile version