Solok Selatan Gelar Tes Rehabilitasi Medik dan Fisioterapi Guru dan Siswa

Pemkab Solsel

Bupati Solok Selatan, Khairunas beserta jajaran menyambangi siswa yang sedang melakukan tes fisioterapi di SMAN 3 Solok Selatan, Selasa (8/11/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Bupati Solok Selatan, Khairunas menyebutkan bahwa pentingnya pelayanan kesehatan bagi siswa-siswa di sekolah, adalah sebagai bentuk upaya menjaga dan mengembangkan generasi yang sehat di masa mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam penyambutan Pemeriksaan Rehabilitasi Medik dan Fisioterapi bagi pelajar dan guru terhadap keluhan neuro muskuloskeletal di SMAN 3 Solok Selatan, Selasa (8/11/2022).

Khairunas mengatakan, kesehatan bagi jalannya pendidikan oleh siswa dan guru sangatlah penting untuk turut mencapai peningkatan terhadap kualitas pendidikan. Apalagi, rutinitas pendidikan di sekolah yang cukup banyak menguras tenaga dan waktu, kesehatan tentu harus menjadi perhatian utama.

“Kesehatan itu penting. Semua harus menjaga kesehatannya. Untuk para siswa, teruslah giat belajar dari sekarang untuk mencapai cita-citanya. Saya yakin, para siswa di Kabupaten Solok Selatan ini nantinya akan mampu bersaing dengan siswa lainnya yang ada di Sumatra Barat hingga nasional. Maka dari itu, kesehatan diutamakan sembari meningkatkan pendidikan,” katanya.

Apalagi, lanjut Khairunas, perkembangan digitalisasi saat ini tentu akan mempermudah siswa untuk mengakses dengan mudah informasi dan ilmu pengetahuan demi meningkatkan mutu dan kualitas pembelajarannya di luar pendidikan di sekolah. Sebab, peningkatan terhadap sumber daya manusia (SDM) menjadi program unggulan Kabupaten Solok Selatan.

“Makanya pendidikan dan kesehatan merupakan suatu yang sejalan. Jadi besar harapan kami bahwa siswa saat ini menjadi gambaran untuk masa mendatang. Makanya semua harus dijaga, serta dipersiapkan lebih matang lagi demi generasi Solok Selatan yang lebih baik kedepannya,” katanya mengharapkan.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Pandewal juga menyampaikan, kegiatan tes fisioterapi bagi siswa dan guru merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-58.

“Kegiatan ini sejalan dengan progul Pemkab Solok Selatan terkait pelayanan kesehatan dan upaya meningkatkan SDM. Dalam kegiatan ini juga diberikan pembagian tablet penambah darah yang tentunya akan berfungsi bagi pencegahan stunting dan penyakit menular lainnya, karena rutinitas pendidikan tentunya menjadikan kesehatan juga sebagai perhatian utama,” katanya.

Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra mengucapkan terima kasih atas penyambutan langsung oleh Pemkab Solok Selatan sekaligus mempercayakan SMAN 3 Solok Selatan atas pelaksanaan tes fisioterapi bagi siswa dan guru ini.

“Kami sangat mendukung program pendidikan yang dijalankan oleh Pemkab Solok Selatan, karena kami merasakan dampak dan manfaatnya. Mulai dari menjadi sekolah penggerak, hingga merasakan dampak kerja sama pendidikan Pemkab Solok Selatan dengan perguruan tinggi oleh sekolah kami,” katanya. (*)

Exit mobile version