Sambut HUT Ke-19, Solok Selatan Gelar Lomba Marching Band Tingkat Sekolah

lomba marching band

Saat penampilan marching band oleh SMPN 5 Solok Selatan dalam pembukaan kegiatan lomba marching band di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (1/12/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menggelar lomba marching band tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Solok Selatan.

Adapun kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka bagian dari kegiatan penyamputan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan ke-19, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (1/12/2022).

Bupati Solok Selatan, Khairunas menyampaikan harapannya dari kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pembentukan karakter para siswa. Kemudian juga sebagai ajang silaturahmi sekolah, baik itu bagi siswa dan guru sekolah yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

“Melalui lomba ini jangan hanya mencari menang dan kalah saja, namun kita harus mampu menyerap dan memaknai nilai-nilai yang terbentuk ketika anak-anak latihan untuk mempersiapkan dan sampai kegiatan lomba berjalan,” katanya.

Dengan begitu, lanjut Khairunas, hal ini nantinya akan dapat melatih mental anak-anak lebih kompetitif, kedisiplinan dan kerja sama tim melalui ketekunan. Makanya kehadiran kegiatan lomba marching band tersebut menjadi wadah bagi pembentukan karakter anak menjadi lebih baik.

“Untuk itu, kepada anak-anak kami mengharapkan harus bersemangat dalam kegiatan ini. Perlu kami ingatkan juga jangan berhenti untuk belajar secara rutin, karena tidak tertutup kedepannya kalian nantinya yang akan menjadi pemimpin masa depan di Kabupaten Solok Selatan ini,” katanya mengharapkan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria juga menjelaskan bahwa kegiatan lomba marching band  ini dalam rangka penyambutan HUT Kabupaten Solok Selatan yang ke-19.

“Kita memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah untuk menampilkan yang terbaik dalam kegiatan ini. Nantinya bagi yang juara akan kita siapkan juga sebagai tim drumband yang akan berkontribusi dalam perayaan HUT Kabaputen Solok Selatan pada Januari mendatang,” katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 1 sampai 3 Desember. Adapun sekolah yang mengikuti lomba marching band yang diikuti SD, SMP dan SMA berjumlah 48 sekolah yang terdiri dari 20 SD, 20 SMP, dan SMA/SMK sebanyak delapan sekolah.

“SD kita batasi kepesertaannya dengan masing-masing kecamatan hanya mewakili lima sekolah saja. Sesuai dengan tujuannya, kita mengharapkan kegiatan ini menjadi wadah untuk meningkatkan semangat kompetitif anak, dan juga sebagai pembentukan karakter dan kedisiplinan anak menjadi lebih baik lagi,” ujarnya. (*)

Exit mobile version