Bupati Pasbar Hamsuardi Resmikan RTA Al Falaq

Bupati Pasbar, Hamsuardi disuguhi sekapur sirih sebelum peresmian RTA di Padang Halaban, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Rabu (23/3/2022). OSNIWATI

HALUANNEWS, PASBAR — Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi meresmikan Rumah Tahfiz Al-Qur’an (RTA) di Padang Baru, Jorong Padang Halaban, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasbar, Sumatra Barat (Sumbar).

Pada peresmian itu ada yang istimewa, yakni kehadiran hafiz Al-Qur’an, Rahmat Isra Alfikri hafiz Indonesia yang hafal 30 jus Al-Qur’an.

Bupati Hamsuardi, Rabu (23/3/2022) mengatakan, program membaca Al-Qur’an sudah dimasukkan ke dalam program meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada RPJM pemerintah daerah.

“Ini bukan saja program bupati dan wakil bupati. Namun sudah menjadi program anggota dewan, OPD, camat dan jorong,” katanya.

Hamsuardi sangat bangga ketika melihat Al-Qur’an telah membumi di Bumi Mekar Tuah Basamo, Kabupaten Pasaman Barat. Dengan banyak berdiri rumah tahfiz, semakin banyak masyarakat yang cinta Al-Qur’an.

“Jika keimanan dan ketakwaan meningkat, maka kedamaian di dalam masyarakat tercipta,” ujar Hamsuardi.

Ia juga meminta, kedepannya kepada kepala jorong untuk menyuarakan membaca Al-Qur’an di dalam rumah masing-masing. Bukan saja menyuruh masyarakat membaca, namun juga mengetuk pintu rumah masyarakat dan menanyakan apakah sudah membaca AlQur’an.

“Program hafalan Al-Qur’an ini juga sudah masuk ke tingkat SD, SMP dan SMA. Walaupun mereka tidak di sekolah agama, namun mereka juga akan memiliki hafalan kelak. Minimal empat ayat seminggu mereka sudah menyetor hafalan kepada gurunya,” ucapnya.

Ia berharap ke depan keimanan dan ketakwaan bisa meningkatkan di Kabupaten Pasbar. Salat Jumat di masjid diharapkan bisa ramai juga seperti salat wajib.

Sementara Pendiri Rumah Tahfiz Mardi Saputra yang juga dai nagari mengatakan bahwa RTA Al Falaq sudah berdiri semenjak Tahun 2021, yang jumlahnya hanya empat orang saja.

“Sekarang jumlah kami sekitar 70 orang,” katanya.

Ia berharap RTA Al Falaq bisa lebih sukses dan menciptakan generasi Al-Qur’an yang semakin banyak. (h/ows)

Exit mobile version