MAN 1 Padang Laksanakan Pemilu

HARIANHALUAN.ID Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Padang melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum diikuti dua pasangan calon (paslon).

Pemilu OSIM diikuti  905 pemilih terdiri 811 siswa, 94 pendidik dan tenaga kependidikan MAN  1 Padang dibagi menjadi tiga tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala MAN 1 Padang Marliza mengatakan pelaksanaan pemilu OSIM Selasa lalu (24/1/23) merupakan pendidikan berdemokrasi sejak dini karena dilaksanakan sesuai tahapan pemilu yang dianjurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang. 

“Pelaksanaan Pemilu OSIM ini adalah pendidikan berdemokrasi sejak dini bagi para siswa karena mereka akan menghadapi pemilu yang sebenarnya apabila sudah punya hak pilih dalam pemilu,” katanya.

Selanjutnya dia juga mengatakan agar para petugas KPU di madrasah dan Kelompok Penyelengara Pemunguntan Suara (KPPS) yang ditunjuk mendapatkan pengalaman dalam menyelenggarakan pemilu sehingga bisa mengabdi di masyarakat menjadi petugas pemungutan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan presiden (pilpres).

Ketua KPU MAN 1 Padang Rahmi Syafia Azzahra mengatakan pemilu OSIM berjalan dengan sangat baik terbukti dengan antusiasnya seluruh warga MAN 1 Padang untuk mendatangi TPS, namun masih ada diantara pemilih tidak menyalurkan hak suaranya.

Berdasarkan hasil rekapiltulasi hasil suara dari tiga TPS diperoleh hasil paslon nomor 1 Hafizh Hisbullah dan Aziz Suherman meraih suara terbanyak dengan perolehan 460 suara sedangan paslon nomor 2 Muhammad Rabiatul Arsy dan My Refatul Muthmainnah meraih 245 suara. Sebanyak 58 suara dinyatakan tidak syah dan 142 pemilih tidak menggunakan haknya. (aye)

Exit mobile version