SDIT Alam Ar-Royyan Bersiap Ikuti Kemah Nasional V di Cibubur

Foto bersama peserta Persami dan Pembina Pramuka di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Kota Padang pada Minggu (29/1) lalu. PUTRI MERI YANTI PERTIWI

PADANG, HARIANHALUAN.ID – SDIT Alam Ar-Royyan bersiap untuk menghadapi Kemah Nasional V di Cibubur pertengahan Februari mendatang. Mereka menggelar latihan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Kota Padang pada Minggu (29/1) lalu. 

Latihan persami ini dilaksanakan agar siswa atau peserta pramuka sekolah Alam SDIT Ar-Royyan yang terpilih untuk mengikuti Kemah Nasional (Kemnas) V terlatih, kegiatan yang akan diadakan di Cibubur pada tanggal 15 sampai 18 Februari 2023 mendatang. Dengan adanya persiapan ini siswa dapat mengikuti kegiatan persami yang akan datang berjalan dengan lancar. 

Hal itu diungkapkan oleh salah satu pembina pendamping, Dewi Sopia Darlis. Tujuan Persami ini diharapkan anak-anak terlatuh untuk lebih manditi, memperdalam materi pramuka, memiliki jiwa sosial yang tinggi, kreatif, berkarakter, dan mengamalkan apa yang tercantum dalam tri satya dan Dasa Darma Pramuka. 

“Kegiatan latihan persami ini dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Januari di bumi perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Kota Padang, kegiatan ini dilaksanakan dalam keadaan siswa dan semua guru sehat dan bersemangat,”ujarnya kepada Haluan, Minggu (29/1).

Ia menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh peserta didik terpilih dari sekolah melalui beberapa tahapan seleksj dan juga didampingi oleh ustaz dan ustazah selaku pembina dan pendsmpinh acara Kemnas V. Kegiatan persami ini diadakam satu kali menjelang Kemnas V, di samping itu peserta sudah mulai dilatih pada bulan Oktober 2022, dan dipersiapkan segala sesuatu menjelang hari acara. 

Lebih lanjutnya, kegiatan ini diikuti oleh 23 orang yang terdiri satu regu putra dan satu regu putri, masing – masing regu berjumlah delapan orang serta ditambah tiga orang peserta cadangan. Kemudian peserta juga di dampingi oleh ustaz dan ustazah yang merupakan pembina pramjka yang berjumlah sebanyak empat orang dengan dua putri dan dua putra. 

“Nah untuk kegiatan ini dimulai dari persiapan acara seminggu sebelum Persami, dimana peserta mempersiapkan sendiri komsumsi yang akan dibuat per regu, kemudian saat acara dimulai, peserta datang pada pukul 12.00 Wib yang langsung ke lokasi perkemahan,”jelasnya. 

Kemudian, selesai acara ishoma peserta diarahkan mendirikan tenda dilanjutkan acara upacara pembukaan Persami, latihan tari Semaphore Morde, pionering, memasak, pendalaman materi pramuka, api unggun, salat wajib berjemaah dan zikir bersama, tahajud berjemaah, morning milk, dan upacara penutupan persami. 

“Kemudian harapan sekolah atas kegiatan latihan persami menjelang Kemah Nasional yang akan dilaksanakan di Cibubur yaitu lebih melatih kemandirian siswa siswi, serta lebih siap mengikuti Kemnas V di Cibubur dan terjalinnya silaturahmi yang kuat antara peserta, guru, orangtua dan dan sekolah khususnya,”tutupnya (pmy).  

Exit mobile version