Bupati dan Wabup Pasaman Barat Resmikan Rumah Tahfiz Ponpes Subulussalam

Rumah Tahfiz Ponpes Subulussalam

Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, anggota DPRD Pasbar, Baharuddin R dan stakeholder terkait lainnya foto bersama di depan Rumah Tahfiz Ponpes Subulussalam. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Bupati Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto  meresmikan rumah Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Subulussalam, Sabtu (4/2/2023) . Turut hadir Kemenag Muhammad Nur, Kepala DPMN Randi Hendrawan, anggota DPRD Baharuddin R, serta stakeholder terkait lainnya. 

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak pesantren untuk melaksanakan program pemerintah daerah di bidang keagamaan, yaitu pelaksanaan tahfiz Al-Qur’an. 

“Hari ini merupakan hari bahagia, dimana dimomentum ini adanya peresmian rumah tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Subulussalam berserta pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an-nya. Pondok Pesantren ini membantu kami dalam menyukseskan program daerah di bidang keagamaan. Bersama-sama kita menyukseskan program ini dalam upaya mewujudkan daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun dan masyarakatnya masuk surga,” kata Hamsuardi. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang hadir saat itu agar saling mendukung dan berpartisipasi dalam melaksanakan program tersebut. Karena dengan adanya kegiatan keagamaan, maka akan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

“Saat ini, pelaksaan program Magrib Mengaji dan Tahfiz Al-Qur’an sudah direalisasikan baik membaca Al-Qur’an di rumah-rumah. Kemudian pelaksaanaan  tahfiz Al-Qur’an dilaksanakan di SD dan SMP. Targetnya anak-anak dapat menghafal Al-Qur’an dengan baik,” tutur Hamsuardi. 

Ia juga mengatakan, di tahun 2036 sebanyak 30 persen masyarakat Pasaman Barat sudah Hafal Al-Qur’an dan akan dikembangkan secara merata di 11 kecamatan yang ada di Pasaman Barat. 

Ia juga berharap kedepannya koordinasi antara stakeholder baik dari bupati, wakil, tokoh agama dan lainnya dapat lebih baik, sehingga kepemimpinan lebih baik dari sebelumnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Baharuddin menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan melalui pelaksaan program dibidang agama oleh Pondok Pesantren Subulussalam, yang mana pondok ini letaknya sangat strategi di pusat kota. 

“Dengan adanya pelaksanaan program ini, maka akan menambah benteng keagamaan di Kabupaten Pasaman Barat. Karena saat ini zaman lagi tidak baik-baik saja, sehingga dengan adanya pelaksaanaan program keagamaan kepada generasi, maka akan memengaruhi sikap dari cucu kamanakan kita saat ini,” ucap Baharuddin. 

Ia juga mengatakan, zaman yang semakin canggih menyebabkan mudahnya pengaruh buruk terhadap perilaku sehari-hari dari masyarakat. Sehingga dengan direalisasikan kepada anak-anak saat ini, maka akan memengaruhi bagaimana tumbuh kembang si anak.

Pimpinan Pondok Pesantren Subulussalam, Nasriyal menyampaikan terima kasih atas kehadiran bupati, wakil bupati beserta rombongan dalam acara peresmian rumah tahfiz yang ada di Pondok Pesantren Subulussalam. 

“Saya sangat bersyukur terhadap dukungan dari bupati, wakil bupati, serta stakeholder terkait. Dalam proses pembangunan rumah tahfiz ini Bupati Hamsuardi juga berperan dalam menyukseskan pembangunan mulai dari mencarikan tanah sampai peletakan batu pertama,” ucapnya. 

Ia juga mengatakan, sesuai program pemerintah daerah dibidang keagamaan, maka Pondok Pesantren Subulussalam juga mendukung melalui kegiatan yang ada, dimana  target dari pondok sendiri bukan hanya menghafal, namun para santrinya dapat menerjemahkan setiap ayat yang ada. (*)

Exit mobile version