Dua Tahun Vakum, SMAN Agam Cendekia Kembali Gelar CJSC XIII

SMAN Agam Cendikia

Pembukaan Cendekia Junior Science Contest XIII di SMAN Agam Cendekia pada Minggu (19/2/2023). Peri

HARIANHALUAN.ID – Mempersiapkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, SMAN Agam Cendekia kembali menggelar Cendekia Junior Science Contest (CJSC) XIII.

CJSC XIII itu dilaksanakan OSIS SMAN Agam Cendekia, untuk lomba MIPA dan MIPS tingkat SMP dan MTs se-Sumbar dan Riau, dengan memperebutkan piala bergilir Gubernur Sumbar.

Kepala SMAN Agam Cendekia, M. Hernandar menyebutkan, kegiatan CJSC XIII sekarang ini diikuti oleh 41 sekolah, yang terdiri dari SMP dan MTs se-Sumbar dan Riau. “Jumlah persertanya 453 orang. MIPS 166 peserta, MIPA 233 peserta. Sedangkan lomba cerdas tangkas diikuti 54 peserta,” ucapnya pada Minggu (19/2/2023) saat pembukaan kegiatan tersebut.

Dikatakan Hernandar, kegiatan CJSC XIII itu diadakan pihaknya selama dua hari, yaitu 19 hingga 20 Februari 2023, dengan total hadiah yang disiapkan sekitar Rp43 juta. “Bukan hanya itu, bagi peringkat 1-5 MIPA dan 1-2 MIPS, sudah dipastikan lulus tes akademik seandainya mendaftar di SMAN Agam Cendekia nantinya,” ucapnya.

Hernandar mengatakan, kegiatan itu diadakan pihaknya selain mempersiapkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, juga mencari bibit baru yang akan bisa bergabung sekolah tersebut setelah lulus nantinya.

“Kegiatan ini juga salah satunya untuk mempromosikan SMAN Agam Cendekia ke peserta yang ikut lomba,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan rasa bangganya, karena SMAN Agam Cendekia bisa kembali mengadakan kegiatan ini setelah dua tahun vakum akibat Covid-19.

“Kami bangga, SMAN Agam Cendekia bisa kembali mengadakan acara ini, sehingga sekolah ini bisa dikunjungi siswa yang bukan dari Agam saja,” katanya.

Andri mengungkapkan, SMAN Agam Cendekia tersebut salah satu siswanya yang banyak diterima di kampus negeri ternama dan sekolah ikatan dinas. “Jadi bagus bisa bersekolah di sini, namun untuk bisa sekolah di sini tidaklah mudah,” katanya.

Diketahui, turut hadir dalam pembukan CJSC XIII SMAN Agam Cendekia tersebut, yaitu Gubernur Sumbar, Bupati Andri Warman, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi, Kabid SMP Disdik Agam, Camat Tanjung Raya, dan Kacabdin Agam. (*)

Exit mobile version