Belajar Media Podcast, Santri Ponpes Kauman Muhammadiyah Sambangi Diskominfo Padang Panjang

Ponpes Kauman Muhammadiyah

HARIANHALUAN.ID – Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang melaksanakan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Padang Panjang pada Rabu (1/3/2023).

Kegiatan ini guna menambah pengetahuan dan memahami dalam membuat konten berbasis siaran radio atau sering, disebut dengan istilah podcast. Selain belajar podcast, santri juga diperkenalkan oleh pihak Diskominfo mengenai profil lembaga sebagai birokrasi dalam bidang informasi publik.

Sebanyak 19 santri Kauman disambut oleh Koordinator Bidang Informasi Publik, Harry Sulistio mengatakan, pihaknya dari Kominfo sangat mengapresiasi kegiatan studi edukasi ini.

“Sebelum melaksanakan rekaman podcast harus dilakukan breafing atau pra podcast. Kemudian membuat naskah dan disingkronkan dengan narasumber yang diundang. Dalam melaksanakan kegiatan podcast harus ada deadline, agar pekerjaan sesuai dengan target yang dicapai,” ujarnya.

Ditambahkanya, dalam melaksanakan kegiatan podcast minimal kamera yang harus disiapkan dua unit, satu untuk narasumber dan satu lagi untuk di tengah, tetapi lebih bagus tiga unit kamera.

Sementara Guru Pendamping Ali Nurdiansyah mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Padang Panjang yang telah menyambut kedatangan santri dari Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah.

“Kegiatan ini harapannya bisa menambah pengalaman belajar santri di luar kelas. Zaman teknologi di industri 4.0, menuntut kita terutama pelajar untuk membuat sejumlah hal termasuk media podcast,” ujarnya.

Ia menambahkan, mudah-mudahan kegiatan ini memberikan edukasi kepada santri dan hasil dari kegiatan dapat diterapkan ilmunya di Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

Selain menimba informasi dari Diskominfo, santri juga melaksanakan praktek podcast di ruangan studio Diskominfo Padang Panjang. Mulai dari cara menggunakan kamera, mixer audio dan belajar sebagai director sebuah rekaman video.

Santri Kauman, Belqis Arivia (XI) mengatakan, ia lebih tahu tentang podcast yakni mulai dari pembuatan naskah, ide-ide yang mau dibikin, breafing, take video, editing dan masih banyak lainnya. (*)

Exit mobile version