Bawaslu Gelar Kuliah Umum Pengawasan Pemilu di UM Sumbar

Ketua Bawaslu Sumbar dan Dekan Fakultas Hukum UM Sumbar menandatangani kerja sama yang disaksikan Wakil Rektor III UM Sumbar di Kampus III By Pas Bukittinggi, Sabtu (26/3). YURSIL

HALUANNEWS, BUKITTINGGI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatra Barat (Sumbar) menggelar kuliah umum pengawasan pemilu parsitipatif di Kampus III UM Sumbar By Pass Bukittinggi, Sabtu (26/3).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Sumbar, serta turut dihadiri Wakil Rektor III UM Sumbar, Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Sospol UM Sumbar dan dihadiri mahasiswa UM Sumbar.

Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen mengatakan, Bawaslu Sumbar terlebih dahulu menjalin kerja sama dengan UM Sumbar sebelum dengan kampus lainnya.

“Kerja sama dengan UM Sumbar bisa dalam bentuk penelitian, diskusi dan lainnya yang berhubungan pengawasan pemilu,” kata Surya Efitrimen.

Ia menjelaskan, pengawasan partisipatif telah lama digagas oleh Bawaslu dengan melibatkan mitra strategis yakni perguruan tinggi.

“Pemilu tahun 2024 telah ditetapkan pemerintah tanggal 14 Februari 2024. Maka tahapan pemilu Tahun 2024 sudah dimulai tahun ini. Oleh sebab itu, tahun ini Bawaslu telah mulai bekerja sesuai dengan tahapan pemilu,” ujar Surya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM Sumbar, M. Abdi mengatakan, kuliah umum yang digelar Bawaslu Sumbar diikuti Fakultas Hukum dan Fakultas Sosial dan Politik. Kegiatan ini tentunya akan menambah wawasan mahasiswa tentang pengawasan pemilu.

“Dalam pengawasan Bawaslu tentu banyak melibatkan pengawas pemilu termasuk perguruan tinggi. Kampus kita Universitas Muhammadyah telah hadir mulai dari Aceh hingga Sorong Papua,” ujar M. Abdi. (h/ril)

Exit mobile version