Siswa MTsN 1 Padang Ikuti Pelatihan Menulis Berita dan Public Speaking

HARIANHALUAN.Id – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang dimotori bidang kehumasan menggelar pelatihan Public Speaking, Presenter, Host  dan Menulis Berita sehari penuh di madrasah tersebut, Senin (20/3/23). 

Pelatihan yang dibuka Kepala MTsN 1 Padang Isrizal diikuti 20 siswa untuk pelatihan menulis berita dan 19 siswa untuk pelatihan public speaking.  Siswa tersebut merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2023-2024.

Pelatihan menghadirkan narasumber diantaranya Idra Putri, MPd (mantan penyiar Radio 102,6 Padang FM, wartawan dan guru penggiat literasi nasional), Dr. Desri Nora Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) dan  Host Radio 102.6  Padang FM.  Febraningsih, SH, MPd presenter dan host Channel Youtube MTsN 1 Padang TV. 

Dalam pelatihan lebih banyak menyajikan praktikum membuat berita dengan merinci 5W 1H, etika penulis berita, dan kaidah sebuah berita. 

Nara sumber pelatihan public speaking menyajikan materi diantaranya cara berbicara di depan umum. Dengan kemampuan berbicara di depan umum orang akan bisa berkomunikasi dengan lancar, menarik dan tepat sasaran. 

Isrizal didampingi  Kepala Tata Usaha, Humaira Lubis, Wakil Kepala (Waka) Kurikulum, Idra Putri, Waka Kesiswaan, Hj. Maryani Sastera, Waka Humas yang juga Ketua Panitia, DafrilTuanku Bandaro dalam arahannya menyampaikan pelatihan menulis berita digelar sebagai bentuk komitmen madrasah melahirkan para kontributor berita mewujudkan generasi bangsa unggul dan berkualitas, salah satunya di bidang jurnalistik.

“Orang yang punya ide dan gagasan yang bisa menuangkan dalam sebuah tulisan. Itulah sesungguhnya orang hebat,” ucap Isrizal

Dikatakannya banyak orang yang pintar bicara, tetapi tidak mempu menuangkannya dalam tulisan, sebaliknya orang hebat menulis terkadang gagap dalam menyampaikan. 

“Maka hari ini kita ingin melahirkan kedua-duanya,” kata Isrizal.

Ketua Panitia Dafril berharap dengan pelatihan tersebut mampu melahirkan siswa kreatif. Pada era globalisasi, transformasi dan digitalisasi saat ini, seseorang tidak mampu berprestasi manakala tidak memiliki kemampuan apapun. (aye). 

Exit mobile version